Spesifikasi Yamaha FZ25 Cukup Menjanjikan, Calon Penerus Scorpio?

by  in Motor Baru&Yamaha
0  komentar

Autonetmagz.com – Bila anda generasi 80 atau 90’an, dan anda adalah penggemar roda dua, maka pasti anda tak asing dengan Yamaha Scorpio. Ya, motor naked 225cc keluaran Yamaha tersebut sempat jaya dimasanya sebagai salah satu motor naked 4 tak yang terkenal kencang. Walau bukan motor naked dengan kubikasi terbesar (ada Suzuki Thunder 250 pada awal 2000), namun nyatanya Yamaha Scorpio mampu bersaing dengan Suzuki Thunder dan sang legenda, Honda Tiger.

Pada akhir tahun 2016 lalu, netizen mendapatkan kabar bahwa ada sebuah motor naked yang sedang dikembangkan oleh Yamaha India. Dan jika dilihat dari spyshot saat pengujian, motor ini memiliki desain khas keluarga FZ, atau jika di indonesia memiliki nama Byson. Akhir januari lalu, publik akhirnya mendapatkan kejelasan. Yamaha merilis varian baru yaitu FZ25. Berita launching FZ25 dapat kalian baca di artikel berikut ini.

Dari namanya, anda pasti bisa menebak bahwa kubikasinya di kisaran 250cc, dan benar sekali mesin 249cc dengan pendingin udara ditanamkan pada FZ25 ini. Mungkin sebagian orang bertanya, apakah pangsa pasar FZ25 akan bertabrakan bertabrakan dengan MT25 yang notabene berkubikasi sama. Nyatanya tidak, karena FZ25 hanya memiliki 1 silinder pada mesinnya, berbeda dengan MT25 yang menggendong mesin 2 silinder.

Mari kita lihat rupa FZ25 ini. Kesan pertama melihat FZ25 akan cenderung seperti “Byson Modif”. Hal ini karena penggunaan Knalpot yang serupa dengan Byson, Split Seat yang lagi lagi serupa dengan Byson, dan beberapa ciri khas byson lain seperti absennya Undercrowl, dan lampu sign serta behel yang serupa. Kesan kekar juga didukung oleh kaki kaki yang gambot menggunakan ban tubeless dengan profil 100/80 di depan dan 140/70 di belakang, yang mana serupa dengan Yamaha R15 V3 yang baru launching. Suspensi depan masih teleskopik dan suspensi belakang monocross dengan link. Ada peningkatan di sisi pengereman, dibandingkan Byson Fi, kini FZ25 telah menggunakan double Disc Brake walau tanpa ABS. Tangki yang besar juga menunjang penampilannya yang kekar, yang tentunya juga membantu untuk perjalanan jauh. Tangki FZ25 memiliki ukuran isi 14 liter yang diklaim mampu untuk menempuh jarak hingga 600km tiap fulltank.

Berbekal sasis diamond, FZ25 menggendong mesin 249cc pendingin udara SOHC yang memuntahkan tenaga 20.9PS/8000rpm dan torsi maksimum 20.0N.m/6000rpm. Tidak fantastis memang, namun mengingat beratnya yang 148kg (setara Kawasaki Z250SL non ABS), tenaga tersebut bisa dikatakan cukup mumpuni. Teknologi Blue Core disematkan pula yang membuat FZ25 diklaim membukukan 43km/liter. Super irit untuk motor 250cc. Penerapan teknologi ini ditujukan supaya FZ25 menjadi motor yang nyaman untuk touring, dan bukan menyasar penggila kecepatan. Wajar jika Yamaha pun hanya menyematkan transimis 5 percepatan. Namun Yamaha mengklaim bahwa akselerasi dan power low-to-mid RPM FZ25 lebih baik dari kompetitor di kelasnya.

Fitur lain adalah lampu LED di headlamp dan stoplamp. Speedometer full digital pun sudah ada, walaupun jika diamati, speedometer ini adalah common parts dengan Byson Fi yang berganti casing. Terakhir, kekuatan FZ25 ada di pricing yang mengejutkan. FZ25 dibandrol seharga INR 1,19,500 atau setara Rp. 23,4 jutaan saja. Sangat murah untuk kubikasi 250cc. Namun kabar yang beredar, Yamaha India mengatakan bahwa produk ini untuk pasar lokal India, namun tidak menutup kemungkinan akan diekspor jika ada permintaan yang tinggi dari negara lain. Motor yang punya slogan “The powerful 249 cc Mid-class Street Fighter offers high performance & superb controls” ini ditargetkan laku 8.000 – 9.000 unit perbulannya di India. Bagaimana menurut kalian? Apa motor ini pantas diboyong PT. YIMM ke Indonesia sebagai The Next Scorpio? Sampaikan komentar kalian ya.

Read Prev:
Read Next: