Yamaha R15 2017, Tenaganya Kini Lebih Besar Diantara Rivalnya!

Yamaha R15 2017, Tenaganya Kini Lebih Besar Diantara Rivalnya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika tahun lalu Yamaha R15 harus mendapat serangan dari Honda CBR150RR yang lebih baru dan sangar (setidaknya secara penampilan), lalu disusul Suzuki GSX-R150 yang punya spek mesin lebih tinggi namun dengan harga lebih murah diantara Yamaha dan Honda, akhirnya diawal tahun ini Yamaha Indonesia bertindak dengan menyerang balik jika tidak mau jadi bulan-bulanan di kelas sport fairing 150 cc. Nah, hari ini Yamaha sudah menyiapkan seperangkat sarung tinju untuk menyerang Honda dan Suzuki.

Sarung tinju tersebut berupa The All New Yamaha YZF-R15 2017. Motor ini sudah diluncurkan Minggu, 22 Januari kemarin dan dibuka selubungnya oleh 2 pembalap tim Yamaha Movistar di MotoGP, siapa lagi jika bukan Valentino Rossi dan Maverick Vinales? Kembali ke Yamaha R15 baru, coba dari dulu desainnya seperti ini. Maksudnya, lihat deh, benar-benar kelihatan seperti Baby Yamaha R1 kan, baik depan maupun belakang? Apalagi lubang udara di antara kedua headlamp-nya, benar-benar menganut DNA R-Series Yamaha. It’s very R1 lookalike.

Jika ingat motor Yamaha Xabre yang sudah pakai suspensi depan bertipe Upside Down (USD), maka hal yang sama bisa ditemui di Yamaha R15 2017. Yap, suspensi depan sudah USD, dan kami tak akan kaget jika suspensi R15 dan Xabre adalah common parts. Bicara bodi, selain sosok yang sekarang mendekati big bro-nya yakni Yamaha R1 dan R6 baru, sepertinya R15 2017 ini kelihatan lebih gempal daripada R15 yang pertama diluncurkan di Indonesia tahun 2014 lalu.

Fitur dan kelengkapan Yamaha R15 baru 2017 lebih menjanjikan dibanding pendahulunya. Hal lebih yang dimaksud tentunya bukan sekedar gimmick belaka, sebab motor sport fairing 150 cc baru ini sudah menggunakan LED light, speedometer full LCD dan menggunakan transmisi yang sudah dilengkapi assisted slipper clutch. Buat yang hobi main motor, pasti sudah mengerti apa itu slipper clutch, ya untuk meminimalisir gejala slip saat turun gigi, dan perpindahan naik turun gigi lebih halus dan lebih cepat dalam menyalurkan tenaga. Tapi assisted slipper clutch ini apa? Apa kata-kata “assisted” punya makna tersendiri atau hanya buat trik marketing belaka?

Ah sudahlah, lanjut ke salah satu poin penting motor ini, yakni mesinnya. Seperti Yamaha NMax dan Aerox, kini sudah mengaplikasikan sistem VVA (Variable Valve Actuation) pada mesin 155 cc silinder tunggalnya, VVA bisa membuat motor jadi lebih irit namun tetap bertenaga. Ngomong-ngomong tenaga, kini tenaga R15 baru ada di kisaran 14,2 kW di 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm di 8.500 rpm dan kini jadi yang terbesar di kelasnya.

Jika Anda keburu naksir, mohon bersabar, karena Yamaha Indonesia baru akan memasarkan motor ini sekitar bulan Juni atau Juli 2017, siang tadi baru preview saja yang dihadiri oleh undangan media, jadi harganya pun belum dirilis. Bagaimana pendapat Anda dengan persaingan motorsport kelas 150 cc di Indonesia? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: