Rem Depan Bermasalah, Beberapa Varian KTM Duke Direcall

by  in Berita&International&KTM
Rem Depan Bermasalah, Beberapa Varian KTM Duke Direcall
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan masalah yang menimpa Brembo beberapa waktu lalu? Yap, ada masalah terkait komponen master rem dari pabrikan yang sudah mendunia ini. Menurut NHTSA yang menemukan masalah ini, piston dari silinder master rem depan produksi Brembo ini terbuat dari bahan plastik polyphenylene sulphide ini rentan pecah dan rusak saat bekerja dalam beban yang berat.

Yap, Brembo sendiri tak menutup – nutupi masalah ini, dan malah memberikan informasi terkait produknya yang bermasalah itu. Namun tenang saja, rem Brembo yang bermasalah bukanlah rem – rem aftermarket yang bisa kalian dapatkan di toko – toko, melainkan komponen yang memang khusus dipesan oleh pabrikan – pabrikan motor tertentu untuk digunakan sebagai komponen OEM. Dan salah satu dari pabrikan yang terkena imbas ini adalah KTM. Yap, KTM merupakan salah satu dari pabrikan yang menggunakan komponen master rem bermasalah milik Brembo. Dan oleh karena itu, ada beberapa produk dari KTM yang harus masuk dalam daftar recall, dan kesemuanya merupakan Duke Series.

Recall kali ini sendiri merupakan program yang sifatnya internasional, jadi negara kita pun bisa saja terkena dampak yang sama, asalkan memang ada unit yang terkait di sini. Untuk varian dari KTM Duke yang bermasalah adalah KTM 690 Duke R lansiran tahun 2015, lalu KTM 1290 Super Duke R lansiran 2016, berikutnya adalah KTM 1290 Super Duke R Special Edition dengan tahun yang sama dan terakhir adalah KTM 1290 Super Duke GT lansiran tahun 2016 pula. KTM sendiri menegaskan bahwa recall ini sendiri valid for all markets alias berlaku untuk semua pasar dimana KTM beroperasi. Jadi, jika ada unit – unit yang kami sebutkan diatas dan dimiliki oleh orang Indonesia, maka mereka akan mendapatkan surat dari pihak KTM.

Sejauh ini, belum ada kabar ataupun laporan terkait kecelakaan ataupun insiden yang terjadi karena masalah master rem ini dari sisi KTM. Pihak KTM sendiri bukan merupakan satu  – satunya pabrikan yang harus melakukan recall pada produk – produknya karena masalah yang sama. Masih ada Ducati, Aprilia, MV Agusta, dan beberapa pabrikan lain yang menggunakan komponen dari brembo ini untuk komponen OEM mereka. Secara umum, Recall ini sendiri akan mulai pada 15 Februari 2018 mendatang. Di situs Brembo sendiri, Brembo menyatakan bahwa recall hanya mempengaruhi piston silinder master radial dalam diameter 15 mm dan 16 mm. Master rem dengan piston dalam diameter tersebut diproduksi antara tahun 2015 dan 2017, jadi cocok dengan produk yang di-recall oleh KTM.

Namanya produksi manusia memang tak ada yang sempurna, pun begitu walaupun sudah punya nama besar macam Brembo. Tentunya kita tak berharap masalah ini melebar seperti yang terjadi pada Takata. bagaimana kalau menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: