Ducati Scrambler Next-Gen 2024, Moge Italia Cocok Buat Harian

by  in  Ducati & Review
0  komentar

AutonetMagz.com – Rilis sebagai motor pembuka bagi para pemotor yang ingin masuk ke dunia Ducati, Scrambler Next-Gen akhirnya dapat kami rasakan langsung selama 5 hari penuh. Menjadi motor baru paling terjangkau dari lini pabrikan motor asal Italia ini, Scrambler sukses membuat kami menyimpulkan bahwa ini adalah salah satu moge (motor gede) yang enak bahkan untuk dipakai harian sekalipun.

Ergonomi Berkendara Yang Enak Untuk Harian

AutonetMagz kebetulan mendapatkan unit tes varian Full Throttle yang sempat kami bahas detailnya pada artikel mengenai spesifikasi Ducati Scrambler Next-Gen. Pertama soal ergonomi berkendara, Scrambler tergolong cukup enak untuk harian berkat jok yang empuk, posisi stang tinggi, serta footpeg yang segaris dengan pinggul sehingga posisi badan tidak terlalu membungkuk.

Kebetulan test rider memiliki tinggi 167 cm, berkat tinggi kursi yang hanya 795 mm kaki pun dengan mudah melakukan stop n go ditengah kemacetan. Beratnya juga hanya 185 kg, membuat Ducati Scrambler Next-Gen enak untuk bermanuver lincah ditengah kemacetan sekalipun. Lalu berkat penggunaan speedometer full color display 4.3-inci, informasi berkendara pun sangat mudah untuk dilihat bahkan ketika matahari terik sekalipun.

Ducati Scrambler Next-Gen, Siap Libas Aspal Dan Tanah!

Berbicara mengenai suspensinya, Scrambler Next-Gen memiliki karakter yang sesuai dengan namanya yang mengedepankan peruntukan on-road maupun off-road. Bagaimana tidak, dengan jarak main roda 150 mm depan dan belakang membuat bantingan Ducati Scrambler Next-Gen terasa nyaman melibas kontur tanah bahkan bebatuan sekalipun. Lalu berkat jarak main roda yang tidak terlalu panjang tersebut, Scrambler ini masih terasa stabil di kecepatan tinggi maupun ketika menikung miring.

Satu hal yang terasa berlebihan jika Scrambler Next-Gen ingin digunakan sebagai motor harian, yaitu mesin L-Twin (2 silinder) 803 cc overbore dengan katup Desmodromic Valve-nya. Dengan keluaran tenaga 73 hp di 8.250 rpm dan torsi 65,2 Nm di 7.000 rpm, membuka gas pada Ducati Scrambler ini terasa meledak-ledak. Bagaimana tidak, dengan bobotnya yang ringan Scrambler Next-Gen terbilang mudah untuk melakukan wheelie.

Konsumsi Bahan Bakar Sesuai Klaim Pabrikan

Walau sayang pendinginan mesinnya masih oil cooled, sehingga ketika membawa Scrambler di tengah kemacetan memang cukup membuat betis terasa panas. Soal konsumsi bahan bakar juga terbilang normal untuk sebuah moge dengan mencatatkan angka 19 km/L ketika kami tes. Dengan kompresi mesin 11:1 (disarankan RON 95) dan konsumsi bensin tersebut, Ducati Scrambler Next-Gen memiliki jarak tempuh 256,5 km lewat tangki bensin sebesar 13,5 L-nya.

Jika disimpulkan, moge baru paling terjangkau dari Ducati ini memang cocok sebagai moge pembuka bagi kalian yang baru ingin masuk ke dunia moge asal Italia berkat rasa berkendaranya yang terbilang ramah bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi bagaimana menurutmu, apakah performa harian Ducati Scrambler Next-Gen sudah sesuai dengan spek idaman kalian? Jika sudah cocok, siapkan dana sebesar Rp 379 Juta (off) untuk varian Naked, Rp 399 Juta (off) untuk Icon, dan Rp 420 Juta (off) untuk Full Throttle dan Nightshift.

Read Prev:
Read Next: