Brembo Umumkan Merek Moge Dengan Master Rem Bermasalah

by  in International
Brembo Umumkan Merek Moge Dengan Master Rem Bermasalah
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin, kami memberitahukan bahwa ada beberapa motor gede alias moge seperti Ducati dan Aprilia melakukan penarikan kembali alias recall akibat adanya masalah pada master rem depan buatan Brembo yang mereka pakai. Menurut NHTSA yang menemukan masalah ini, piston dari silinder master rem depan produksi Brembo ini terbuat dari plastik dan memungkinkan untuk pecah dan rusak sesaat setelah motor melakukan hard-braking.

Bahan plastik polyphenylene sulphide pada silinder master Brembo rentan pecah dan rusak saat bekerja dalam beban yang berat, seperti saat melakukan balapan, stunt, free style atau saat sistem ABS dari rem terus-terusan bekerja. Ngeri bukan? Untuk itulah diadakan penarikan kembali untuk mengganti komponen itu dengan bahan aluminium yang lebih baik. Setelah diketahui NHTSA, Brembo berusaha mencari tahu motor apa saja yang kena.

Di situsnya, Brembo menyatakan bahwa recall hanya mempengaruhi piston silinder master radial dalam diameter 15 mm dan 16 mm. Master rem dengan piston dalam diameter tersebut diproduksi antara tahun 2015 dan 2017 dan dipasok ke produsen sebagai komponen original pabrikan (OEM). Produsen yang tercantum dalam pernyataan tersebut adalah Aprilia, Ducati, KTM, MV Agusta, TM Racing, Moto Morini dan Horex.

Selain dari merek-merek yang disebutkan di atas, Brembo bilang tidak ada recall meski merek-merek yang tidak disebutkan tadi pakai rem Brembo juga. Bagi para penggila modifikasi yang pakai rem buatan Brembo juga bisa bernafas lega, sebab Brembo memberikan pengecualian recall pada silinder master rem yang dijual sebagai komponen aftermarket melalui dealer resmi Brembo. Kalau remnya hasil limbah moge yang masuk daftar merek tadi, ada kemungkinan kena tidak ya?

Pabrikan motor yang ada dalam daftar telah diberitahu dan pemilik sepeda motor dengan silinder master rem yang terkena recall ini disarankan untuk menghubungi pabriknya secara langsung untuk penggantian suku cadang. Recall ini sendiri akan mulai pada 15 Februari 2018 mendatang. Nah, bagi pemilik moge-moge yang mereknya disebutkan tadi, jadwal SunMoRi-nya agak dikurangi dulu ya sampai diketahui rem motornya bebas recall atau tidak. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: