Intip Toyota Rumion di India, Lebih Cakep Daripada Ertiga?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Intip Toyota Rumion di India, Lebih Cakep Daripada Ertiga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian ingat, di tahun 2018 silam muncul generasi kedua dari Suzuki Ertiga dan banyak publik yang mengatakan bahwa LMPV tersebut mirip dengan Toyota Innova Reborn. Dan kini di tahun 2023, Toyota India dan Maruti Suzuki pun mewujudkan sosok Mini Toyota Reborn tersebut dalam bentuk Toyota Rumion a.k.a kembaran Suzuki Ertiga. Seperti apa sosoknya? Apakah lebih cakep Toyota Rumion ketimbang Suzuki Ertiga? Yuk kita bahas.

Jadi Mirip Baby Toyota Innova

Kalau kita perhatikan, nampak bahwa Toyota India berhasil mengubah fascia depan Suzuki Ertiga jadi senada dengan beberapa produk asli Toyota. Yap, ubahan terbesar terlihat pada grille depan hexagonal khas Toyota, sehingga Toyota Rumion versi India ini makin mirip dengan baby Toyota Innova Reborn. Grille-nya memiliki detail honeycomb berwarna hitam yang dibingkai krom di bagian bawah dan sampingnya. Sedangkan bumper mobil ini juga diubah dari milik Suzuki Ertiga dengan menghilangkan lekukan berwarna hitam di Ertiga dan menambah krom di radiator grille. Somehow, desain Toyota Rumion lebih enak dipandang ketimbang Suzuki Ertiga lho.

Selain fascia depan dan emblem, sebenarnya tidak ada bagian lain yang diubah pada Toyota Rumion. Velg yang digunakan Toyota Rumion sama persis dengan Suzuki Ertiga GX di Indonesia. Masuk ke sisi dalam, Toyota Rumion menggunakan dashboard dengan skema warna beige yang lagi-lagi mirip dengan Suzuki Ertiga GX di Indonesia. Untuk urusan fitur dan kelengkapan, Toyota Rumion bisa dibilang lebih unggul ketimbang versi Suzukinya. Selain menggendong mesin K15C Mild Hybrid seperti kembarannya, Toyota Rumion juga punya beberapa fitur menarik lainnya. Mulai dari 4 buah airbags, transmisi otomatis 6 percepatan, hingga adanya Toyota I Connect yang bisa diakses dari smartphone maupun smartwatch.

Pakai Mesin K15C Smart Hybrid

Toyota Rumion dijual dengan 2 opsi bahan bakar, yaitu bensin dan gas (CNG). Untuk varian bensin, Toyota Rumion memiliki 3 tipe yaitu S, G, dan V dengan harga jual mulai 1.029.000 Rupee atau sekitar 190 jutaan Rupiah hingga 1.368.000 Rupee atau setara 252 jutaan Rupiah. Sedangkan versi CNG hanya ditawarkan dalam 1 tipe yaitu tipe S Manual dengan banderol 1.124.000 Rupee atau setara 207 jutaan Rupiah. Biasanya, opsi gas memang digunakan untuk kendaran operasional ataupun fleet. Nah, salah satu hal lain yang unik dari Toyota Rumion ada pada opsi warnanya. Warna Spunky Blue jadi hero color LMPV ini, dan tidak dimiliki oleh Suzuki Ertiga.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Lebih cakep wajah Toyota Rumion atau Suzuki Ertiga?

Read Prev:
Read Next: