Inilah Alasan Mengapa All New Toyota Agya Jadi Lebih Besar & Pakai Mesin 3 Silinder

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Inilah Alasan Mengapa All New Toyota Agya Jadi Lebih Besar & Pakai Mesin 3 Silinder
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Kemunculan All New Toyota Agya dan Agya GR Sport memang menandai sebuah milestone baru Toyota dalam segmen LCGC dan juga non LCGC. Di generasi kedua ini, Toyota menghadirkan keluarga Agya dengan opsi baru yaitu Toyota Agya GR Sport dengan format non LCGC. Nah, yang menarik, di generasi kedua ini dimensi dari All New Toyota Agya series pun membengkak. Selain itu, penggunaan opsi mesin 3 silinder di seluruh tipe juga menarik perhatian kami. Apa alasan Toyota melakukannya?

Mesin 1.200cc 3 Silinder?

Dalam sesi press conference regional launch dari All New Toyota Agya dan Agya GR Sport, kami mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa narasumber. Salah satunya adalah Bapak I Ketut Sutena, Koordinator Wilayah Kepala Bengkel (Korwil Kabeng) Auto 2000 Jatim. Kami pun menanyakan kedua hal tersebut dalam kesempatan itu. Pak Ketut pun menjabarkan bahwa salah satu concern dari All New Toyota Agya dan Agya GR Sport adalah efisiensi BBM. Dengan menggunakan mesin 3 silinder, efisiensi BBM bisa lebih mudah dicapai. Selain itu, karakter All New Toyota Agya dan Agya GR Sport sebagai mobil kecil juga identik dengan kelincahan.

Dan salah satu aspek terpenting yang mendukung kelincahan sebuah mobil adalah torsi. Dengan menggunakan mesin 3 silinder yang kubikasinya sama-sama 1.200cc, otomatis volume kubikasi tiap silindernya naik menjadi 400cc per silinder. Kondisi ini membuat torsi yang dihasilkan oleh mesin WA-VE di All New Toyota Agya dan Agya GR Sport meningkat menjadi 113 Nm. Bandingkan dengan 104 Nm di varian mesin 3NR-VE 1.200cc 4 silinder. Lalu, bagaimana dengan getarannya? Yap, mesin 3 silinder selalu diasosiasikan dengan getaran. Dan Toyota pun telah mengantisipasi dengan memberikan balancer di beberapa titik dan penguatan di platform barunya.

Dimensi Setara Yaris Bakpau

Berikutnya, aspek yang menarik adalah adanya perubahan dimensi. Saat ini, All New Toyota Agya dan Agya GR Sport memiliki panjang 3.750mm atau naik 100mm ketimbang versi lawas. FYI, panjang ini setara dengan Toyota Yaris Bakpau di masa lalu. Yap, Toyota Agya kini telah membesar. Segaryanto Tejo, Owner Asri Motor Toyota menjabarkan bahwa kebutuhan konsumen kini makin berkembang, dan salah satunya menuntut adanya ruang yang lebih lapang. Terutama untuk ruang bagasi, karena mobil semacam ini nyatanya juga banyak dipakai untuk bepergian jarak jauh, termasuk mudik. Survey yang dilakukan oleh Toyota menunjukkan bahwa penambahan dimensi adalah hal yang diinginkan oleh konsumen.

Jadi, itulah 2 alasan mengapa All New Toyota Agya dan Agya GR Sport kini bertambah besar dan mengapa mesin 1.200cc WA-VE dipilih untuk mobil ini. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: