Honda Civic Type R FL5 Resmi Dijual di Indonesia, Harga 1,39 Miliar!

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Honda Civic Type R FL5 Resmi Dijual di Indonesia, Harga 1,39 Miliar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2023 ini, banyak pabrikan otomotif yang menghadirkan model baru di segmen yang mainstream seperti LCGC dan SUV. Honda sendiri nampak cukup tenang di awal tahun ini, dan tidak terlihat akan memperkenalkan produk baru. Namun, secara mengejutkan pabrikan berlogo H tegak asal Jepang ini malah memboyong mobil paling menarik di line up globalnya yaitu Honda Civic Type R. Yap, Honda Civic Type R berkode FL5 kini telah resmi mengaspal di Indonesia. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Civic Terkencang Sampai di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM dari Honda di Indonesia baru saja memperkenalkan Honda Civic Type R FL5 untuk pasar Indonesia. Mobil ini sendiri merupakan Honda Civic terkencang yang diproduksi massal dan dijual secara resmi. Kotaro Shimizu, President Director HPM mengatakan, “All New Honda Civic Type R dikembangkan sebagai puncak dari mobil sport Honda yang mengusung karakter Pure Sport. Civic Type R pertama terinspirasi oleh warisan Honda di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda. Kami sangat bangga membawa generasi terbaru dari Civic Type R Indonesia dan kami yakin model ini kembali juga akan disambut baik oleh para fans Honda di sini.”

Secara desain, sebenarnya generasi FL5 nampak lebih minimalis ketimbang generasi FK8 yang secara tampilan lebih meriah. Walaupun begitu, wow effect dari eksterior mobil ini masih cukup kuat dengan tampilannya yang lebih ‘membumi’ tersebut. Dan kabar baiknya, HPM masih belum ada rencana untuk menjual All New Honda Civic Hatchback di Indonesia dalam waktu dekat ini. Jadi, kalau kalian bertemu sebuah Honda Civic generasi terbaru dengan form factor sebuah hatchback, bisa dipastikan mobil tersebut adalah Honda Civic Type R FL5 asli. Bukan versi abal-abal yang banyak kita temukan di generasi sebelumnya.

Pakai Mesin Lama, Tapi…

Untuk urusan mesin, sebenarnya Honda Civic Type R FL5 masih mengandalkan mesin K20C1 yang sama dengan generasi FK8. Walaupun begitu, tentunya Honda telah melakukan tuning ulang yang membuat figur tenaga dan torsinya berubah. Tenaga maksimalnya ada di angka 319 PS dengan torsi 420 Nm. Figur tersebut naik 9 PS dan 20 Nm ketimbang generasi FK8. Untuk jenis transmisi, Honda tetap mempertahankan opsi transmisi manual 6 percepatan sebagai satu-satunya pilihan di Civic Type R FL5. Nice decision, Honda. Sebagai catatan, Civic Type R FL5 juga berhasil memecahkan rekornya sendiri di sirkuit Suzuka Jepang dengan catatan waktu 2 menit 23.120 detik saja.

Nah, dalam seremonial peluncurannya, HPM juga langsung melakukan handover Honda Civic Type R FL5 rakitan Yorii tersebut pada 10 konsumen pertamanya. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM mengatakan, “Honda Civic Type R memiliki fans yang sangat loyal di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan bagi setiap pemilik mobil Honda karena memiliki mobil yang memiliki kesamaan DNA Sport dengan Civic Type R. Hari ini kami juga bangga menyerahkan 10 mobil pertama kepada konsumen All New Civic Type R,  dan kami juga berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya untuk memenuhi permintaan konsumen”. All New Honda Civic Type R tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl.

Untuk harga, Honda mematok banderol mobil ini di angka Rp. 1.399.000.000 alias hampir 1,4 miliar Rupiah. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: