Corolla Disuntik Mati di India, Versi Suzuki Batal Hadir

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Corolla Disuntik Mati di India, Versi Suzuki Batal Hadir
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun di Indonesia bukan menjadi tulang punggung dari Toyota, namun  Toyota Corolla tetaplah menjadi salah satu komoditas penting yang kehadirannya masih dijaga. Di paruh kedua tahun 2019 kemarin pihak Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Corolla Altis di Indonesia. Nah, di negeri tetangga kita, yaitu India, sejatinya model yang sama juga dijadwalkan untuk hadir, malahan akan di-rebadge juga oleh Maruti Suzuki. Namun sayangnya rencana itu kandas tahun lalu. Malahan, kini Toyota Corolla resmi disuntik mati di India.

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, pihak Toyota Kirloskar Motor telah resmi menyuntik mati Toyota Corolla untuk pasar India. Toyota Corolla sendiri sudah dijual di India sejak tahun 2003 silam, yang artinya mobil ini harusnya merayakan sweet seventeen di tahun ini. Generasi pertama yang dibawa oleh Toyota ke India merupakan generasi kesembilan dari Toyota Corolla. Yap, itu adalah generasi pertama dari Toyota Corolla Altis yang juga dijual di Indonesia di awal 2000-an. Kala itu, nama ‘Altis’ masih belum digunakan untuk Toyota Corolla yang dipasarkan disana. Baru di generasi berikutnya, atau di generasi kesepuluh pihak Toyota menawarkan Toyota Corolla dengan tambahan nama ‘Altis’. Generasi kesempuluh muncul di India pada September 2008, diikuti oleh generasi kesebelas di Mei 2014.

Nah, jika kalian mengikuti pemberitaan di situs ini, sejatinya pihak Toyota Kirloskar Motor sempat memiliki rencana khusus untuk Toyota Corolla. Dan rencana ini muncul untuk meningkatkan penjualan dari sedan kompak ini di Negeri Bollywood. Rencananya adalah menggandeng Maruti Suzuki, dan menjual Toyota Corolla menggunakan logo Suzuki. Hal yang sama juga dilakukan Toyota dengan menjual Toyota Glanza yang notabene adalah Suzuki Baleno hatchback tapi berlogo Toyota. Sayangnya, di bulan April 2019 silam pihak Toyota memutuskan untuk membatalkan masuknya Toyota Corolla Altis terbaru yang menggunakan platform TNGA. Dengan batal masuknya generasi terbaru dari Toyota Corolla, maka tentu batal pula rencana yang sudah dipersiapkan Toyota dan Suzuki untuk sedan yang menjadi rival Honda Civic tersebut.

Jika melihat sales record dari Toyota Corolla dalam 1 tahun terakhir, memang ada penurunan yang ekstrim di sisi penjualan. Bulan Maret 2019 silam Toyota Corolla masih mencatatkan angka 229 unit, disusul April di 177 unit dan Mei di 134 unit. Setelah itu, penjualan Toyota Corolla tak mencapai 100 unit sama sekali. Bahkan di bulan Desember 2019 kemarin hanya mencatatkan 9 unit saja. Angka penjualan Toyota Corolla tidak jauh dibandingkan dengan Hyundai Elantra disana, pun begitu dengan Skoda Octavia. Hanya Honda Civic dan VW Vento yang masih mencatatkan angka yang lumayan. Nama Toyota Corolla pun sudah hilang dari situs resmi Toyota India. Menyisakan nama Toyota Camry dan Toyota Yaris (Sedan / Vios) saja sebagai model sedan yang masih dipasarkan oleh Toyota di India.

Di Indonesia sendiri, All New Toyota Corolla Altis mencatatkan wholesales di angka 83 unit dalam 2 bulan pertama 2020, dimana 9 unit diantaranya merupakan varian hybrid. Jadi, apa tanggapan kalian, kawan? Mari sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: