Beijing Auto 2024 : Toyota bZ3X Muncul, SUV 7 Listrik Seater?

by  in  Beijing Auto Show & Berita & International
Beijing Auto 2024 : Toyota bZ3X Muncul, SUV 7 Listrik Seater?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pangsa pasar mobil di China memang tengah menjadi sorotan banyak pabrikan, termasuk raksasa dari Jepang yaitu Toyota. Setelah memperkenalkan Toyota bZ3 Sedan beberapa tahun lalu, kini mereka menambah keluarga Beyond Zero mereka dengan 2 produk baru yaitu Toyota bZ3X dan bZ3C. Nah, kali ini kita akan fokus pada sosok Toyota bZ3X yang nampaknya akan menjelma menjadi sebuah SUV 7 seater bertenaga setrum. Cekidot.

SUV bZ 7 Baris Pertama Toyota?

Secara desain, nampak bahwa Toyota bZ3X masih menggunakan bahasa desain terbaru yang diterapkan Toyota di sejumlah produk globalnya. fascia-nyta mengotak, minimalis, dengan lampu LED DRL dipit di atas dan lampu utama di sisi bawah. Bentuk DRL-nya pun mirip dengan siluet lampu All New Toyota C-HR, All New Toyota Prius, ataupun saudaranya sendiri yaitu Toyota bZ3 Sedan. Pindah ke sisi samping, nampak Toyota bZ3X memiliki pahatan desain yang tegas di area fender. Spion berwarna hitam, dan handle pintu model flush alias hidden. Oiya, pilar dan atapnya dilabur warna hitam.

Yang unik adalah hadirnya sesor Lidar di atas mobil ini yang nampaknya menggambarkan teknologi otonom terbaru Toyota. Selain itu, berbeda dengan Toyota bZ4X yang jarak pilar C ke D-nya cukup pendek, jarak pilar C ke D di Toyota bZ3X justru panjang. Bentuk ini memunculkan dugaan bahwa Toyota bZ3X bisa saja menjelma menjadi mobil dengan 3 baris kursi alias 6 atau 7 seater. Hmmm, gebrakan menarik, karena sejauh ini belum banyak pabrikan Jepang yang berani menghadirkan SUV listrik dengan format 3 baris kursi. Dan Toyota bZ3X bisa jadi pionir di segmen ini.

Interior Ala Rumah yang Cozy

Di sisi belakang, Toyota bZ3X memiliki pilar D yang tegak, dan lampu belakang yang berbentuk garis horisontal dari kiri ke kanan. Sama seperti bumper depannya, bumper belakang Toyota bZ3X juga dibuat minimalis saja. Masuk ke interior, aura kabin Toyota bZ3X terkesan roomy dan homy menggunakan perpaduan warna bronze dan beige yang makin menambah kesan luas. Desain dashboard-nya ala open cafe dengan model yang banyak laci terbuka dan posisi yang rendah. Setirnya palang 2, dan ada layar berukuran besar di sisi tengah. Panel instumennya justru menggunakan layar yang cukup kecil.

Ada konsol tengah yang bertipe high deck dengan wireless charger, cup holder, dan banyak laci terbuka. Malahan, di sisi bawahnya ada laci terbuka yang tembus dari kiri ke kanan. Kursinya nampak sudah berbalut kulit dan berukuran cukup tebal. Atap Toyota bZ3X juga nampak didominasi atap kaca panoramic yang nampaknya banyak terpengaruh dari mobil-mobil BYD. FYI, di Toyota bZ3 sedan, Toyota menggandeng BYD untuk pengembangan produknya. Di Toyota bZ3X? Sayangnya tidak. Toyota bZ3X merupakan hasil kerjasama Toyota bersama GAC Toyota, Guangzhou Automobile Group dan IEM by Toyota,

Yang jelas, Toyota tak membocorkan foto baris ketiga ataupun bagasi mobil ini. Biarkan jadi kejutan saja. Executive Vice President sekaligus Chief Technology Officer Toyota, Hiroki Nakajima mengatakan, “Mobil listrik seperti apa yang bisa membuat konsumen kami di China tersenyum? Kami bekerja sama dengan mitra kami di China, dan menuntun kami pada 2 produk yaitu bZ3C dan bZ3X”. Jadi, kita tunggu saja kapan Toyota akan memasarkan resmi SUV listrik bertema “Cozy Home” ini.

Read Prev:
Read Next: