Beijing Auto 2024 : Mazda EZ-6 Muncul, Suksesor Mazda6?

by  in  Beijing Auto Show & Berita & International
Beijing Auto 2024 : Mazda EZ-6 Muncul, Suksesor Mazda6?
0  komentar

AutonetMagz.com – Harus diakui bahwa kini industri otomotif di China telah berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu raksasa di segmennya. Bukan hanya pangsa pasarnya saja yang besar, tapi juga pemainnya. Oleh karenanya, banyak pabrikan otomotif dari luar China juga memperkenalkan produk krusial mereka di event-event otomotif di China. Salah satunya adalah Mazda lewat Mazda EZ-6. Apa itu? Yuk kita bahas.

Suksesor Mazda6 Versi EV?

Mazda kembali menggebrak pasar China dengan produk yang dikembangkan khusus untuk pasar negeri Tiongkok tersebut. Setelah sebelumnya ada sosok seperti Mazda CX-4 dan Mazda CX-30 BEV, kini muncullah sosok Mazda EZ-6. Mobil ini diperkenalkan oleh Changan Mazda, JV Mazda di China, dan pada dasarnya menggunakan basis dari produk Changan yaitu Changan Deepal SL03. Jadi, jangan terlalu kaget jikalau desain eksterior maupun interior Mazda EZ-6 berbeda dengan generasi 7G Mazda seperti Mazda CX-60 ataupun Mazda CX-80.

Kalau kalian perhatikan, sebenarnya di fascia depan Mazda EZ-6 masih mengandung desain kodo ala Mazda. Namun dibuat lebih futuristis ketimbang Mazda-Mazda lain yang ada. Lampu utamanya dibuat sipit, ada LED DRL, dan grille ala Kodo-nya diberi pemanis berupa aksen pendar putih yang kami duga adalah lampu. Kabar baiknya, bumper depannya terbilang minimalis dan tidak neko-neko. Sayangnya, tarikan garis samping Mazda EZ-6 sangat terpengaruh Changan Deepal SL03 sehingga flowing garis yang cantik ala Mazda pun menghilang.

Desain Kodo Yang Berbeda

Kaca sampingnya menggunakan model frameless dan ada handle pintu model flush. Di sisi belakang, Mazda EZ-6 menggunakan lampu yang dibuat menyambung dari sisi kiri ke kanan dengan aksen ala setengah lingkaran yang bisa kita temui di mobil-mobil Mazda sebelum ere CX 2 digit. Selain itu, bumper belakangnya juga cenderung minimalis dan tidak neko-neko. Masuk ke interior, bisa dikatakan aura Mazda makin mengecil karena kini ada layar super besar 14,5 inch di interior sebuah Mazda. Bandingkan dengan jajaran mobil Mazda yang selalu driver centric dan enggan membuat layar besar yang mengganggu pandangan.

Permainan warna interiornya pun nampak beragam, dimana opsi warna coklat dan hitam mengingatkan kami pada interior Mazda CX-60 di Indonesia. Bentuk setirnya nampak berbeda dari Mazda pada umumnya, dan tak ada tuas persneling di sisi tengahnya. Kabin Mazda EZ-6 nampak dibuat clean dengan fokus hanya pada layar dan setir saja. Walaupun begitu, kursi dari Mazda EZ-6 nampakn cukup keren dengan bentuk dan coraknya yang terlihat sporty, futuristis dan elegan. Dan kabar baiknya, Mazda EZ-6 masih menggunakan konsep kursi Zero Gravity ala Mazda.

Fitur & Opsi Mesin Mazda EZ-6

Untuk fitur di interior, Mazda EZ-6 menggunakan Qualcomm Snapdragon 8155 sebagai otak dari kokpitnya yang memungkinkan sejumlah fitur canggih bisa berjalan. Oiya, Mazda EZ-6 sendiri akan dirilis tahun ini dengan opsi Full BEV dan range extender. Untuk versi range extender bisa jadi akan menggunakan mesin 1.500cc dan motor listrik di poros roda belakang yang memiliki tenaga 238 PS dan torsi 320 Nm. Set up tersebut sudah diterapkan oleh Changan di Deepal SL03. Jadi, kita tunggu saja kejutannya.

Read Prev:
Read Next: