Toyota China : Pasar China Akan Segera Memulai Tren Minivan

Toyota China : Pasar China Akan Segera Memulai Tren Minivan
0  komentar
Toyota-Alphard-Hybrid-2015-Black

AutonetMagz.com – Seperti kita tahu, sekarang adalah tahunnya SUV dan crossover. Di mana-mana, mobil-mobil seperti ini laris manis, mau dari merek mobil murah hingga ultra mewah sekalipun, SUV dan crossover pasti diburu. Di China pun demikian, mengingat di Beijing Auto Show yang sekarang digelar saja sudah muncul 2 SUV/crossover baru. Sebut saja Honda Avancier dan Mazda CX-4 yang hingga saat ini khusus dijual di sana saja.

Tapi dari kacamata Hiroji Onishi, Senior Manager Toyota di China, mereka sudah tahu apa tren berikutnya di China. Jika dulu sedan sudah jadi primadona dan sekarang giliran SUV serta crossover, maka menurut Toyota China, tren berikutnya adalah minivan, MPV dan mobil keluarga lainnya. Tapi ada asal usul kenapa Toyota berspekulasi demikian, dan itu adalah karena adanya bahasan mengenai peraturan soal jumlah anak maksimal di tiap keluarga, demikian menurut Automotive News.

Kabin-Toyota-Alphard-2015

Seperti kita tahu, pemerintah China hanya mengizinkan tiap keluarga untuk memiliki hanya 1 anak saja sebagai solusi dari kemiskinan dan ledakan penduduk yang terjadi sejak tahun 1970-an. Ada pengecualian memang bagi daerah pinggiran dan etnis tertentu, tapi aturan ini cukup mengikat kehidupan di sana. Akan tetapi, mulai bulan Oktober 2015 kemarin, pemerintah China bilang kalau aturan tersebut kemungkinan akan dihapuskan.

Jika jadi dihapus, maka setiap keluarga boleh punya lebih dari 1 anak. Dari situlah, Toyota yakin kalau minivan akan diburu, karena daya angkut dan kelegaan kabin yang biasanya lebih baik daripada SUV. Untuk sekarang, Toyota sangat diuntungkan di China dengan hadirnya Alphard yang sukses di sana, namun karena Alphard masih dalam kategori mobil mewah, Toyota mungkin akan mendatangkan mobil keluarga yang lebih terjangkau jika prediksi mereka tepat.

Dasbor-Toyota-Vellfire-2015

Kalau di sini sih tidak usah dipertanyakan lah ya. Mobil keluarga, terutama yang berjenis minibus, MPV atau lainnya selalu menjadi salah satu penopang penjualan yang cukup baik, karena memang konsumen Indonesia masih doyan guyub dan membawa banyak penumpang dalam satu mobil. Menurutmu, apa prediksi Toyota China tersebut bisa jadi benar? Jika tidak, mobil apa yang menurutmu bakal jadi tren ke depannya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • rs

    Kalau di Indonesia sih benar pernyataan tersebut…setiap hari kita bisa lihat di jalanan mpv ada dimana mana seperti avanza, veloz, kijang, mobilio, xenia, ertiga, sampai alphard sekalipun…..makannya pasar Indonesia agak berbeda dengan negara lain seperti Malaysia yg didominasi hatchback seperti myvi atau Thailand dengan pickupnya seperti triton, dll atau negara maju dengan sedan dan suvnya…

  • romanof

    ” Kalau di sini sih tidak usah dipertanyakan lah ya. Mobil keluarga, terutama yang berjenis minibus, MPV atau lainnya selalu menjadi salah satu penopang penjualan yang cukup baik, karena memang konsumen Indonesia masih doyan guyub dan membawa banyak penumpang dalam satu mobil. ”

    tapi coba cek di jalanan sehari2, yang isinya 7-8 full berapa persen?.. diskursus lepas ini memang terkadang yang jadi bahan jualan APM yg sebenarnya bikin kecemasan bagi konsumen dan jadi alasan saat memutuskan utk membeli mobil.. padahal kenyataannya tidak selalu begitu..

    wong diisi full pas lebaran doang, yg notabene setaun sekali -___-

    • AE86

      Pas hari kerja yak ialah om, pas weekend dong.

      • weeend bersama keluarga inti, keluarga saudara2, teman2, juga pacar yg lebih dari 1 *lhoo*

  • Nakazato Kira

    Kalau di Indonesia, pernyataan itu ga usah ditanyakan lagi karena memang sudah fakta bahwa masyarakat indonesia memang doyang guyuban. Contoh nyatanya bisa dilihat saat musim mudik nanti

  • Aryo Wicaksono

    pertumbuhan cina turun gara-gara kurang tenaga kerja, sih, jadi aturan satu anak mau dihapus. cina banyak anak bisa menguasai dunia, nih. mobil dengan banyak penumpang kan nggak cuma MPV, bisa aja SUV tujuh penumpang kayak XC90. lagian juga volvo kan punya geely, jadi penjualan mobil mahal sebagus XC90 harus di atas Toyota, dong. lha wong kemarin orang jepang di acara car graphic juga merasakan Alphard masih kalah dibandingkan dengan C4 Grand Picasso.

    • farid

      kalau saya sih kalau pilih jenis mobil yg bisa ngangkut banyak penumpang ya SUV atau crossover 7 seater yg selain macho juga sporty daripada MPV,sesuai namanya sport utility vehicle yg gak sekedar utility vehicle tapi juga “sport”,beda dgn MPV yg lebih soal kepraktisan dan dan daya angkut

      • Aryo Wicaksono

        SUV dibilang sport juga nggak jelas, tapi yang pasti SUV beneran harus bisa lewat jalan jelek tanpa masalah, lah.

  • 4×4

    indonesia sih simple yg penting murah muat banyak soal safety nomor sekian walaupun skarang mulai banyak juga yg udah pinter enggapun pas lebaran mindset nya udah banyak yg kaya “engga pun pas lebaran kalo sabtu minggu kan enak bisa jalan ramerame manatau ntah ada perlu untuk apa lagi yg lain yg penting bisa banyak dan ga d bilang sombong sm keluarga”. walaupun harihari d liatin kadang isinya d mobil cuma 1orang pas hari kerja?

  • Masyarakat kita mah sudah dari dulu kalai MPV trendnya, mengaja Kijang selalu kuat brandnya, yaaa karena memenuhi kondisi pasar di Indonesia sejak jaman Dulu.

  • z00b00

    kalau di china alphard dkk di panggil “mian bao che”=mobil roti. alphard juga gk pernah liat di jalanan china. kalau di hongkong banyak.