Toyota Century 2018 : Kelanjutan Dinasti Kaisar Tanggalkan Mesin V12

Toyota Century 2018 : Kelanjutan Dinasti Kaisar Tanggalkan Mesin V12
0  komentar

AutonetMagz.com – Jangan remehkan kemampuan engineering Toyota. Di antara pabrikan Jepang lain, hanya Toyota yang mampu memproduksi mesin V12 untuk dijual dalam isi kap mesin sebuah mobil yang road legal. Adalah Toyota Century, sedan ultra mevvah dari Jepang yang biasa dipakai oleh pemerintah, kaisar dan yakuza Jepang untuk menunjukkan simbol status mereka. Mobil ini memakai mesin V12 yang memang didesain khusus untuk Century.

Desain secara khusus, contohnya figur mesin V12-nya yang lebih condong menghasilkan torsi besar daripada tenaga besar. Wajar, Toyota Century sangatlah berat, jadi butuh torsi besar supaya mobilnya tidak kendor saat digas habis. Status Toyota Century adalah khusus pasar Jepang saja, jadi tidak dijual di negara lain, namun sebuah grup spotter mobil eksotis pernah menangkap Century hitam berkeliaran di Jakarta.

Kini, Toyota telah mengumumkan Toyota Century generasi ketiga. Bentuknya masih klasik dan mengotak, kaku namun berkelas. Sekali lihat, pasti semua orang sudah yakin kalau ini mobil mewah, namun mungkin bakal banyak yang kaget kalau tahu bahwa ini sebuah Toyota. Tidak berlebihan jika kamu ingin menyebut ini Rolls Royce-nya Jepang, karena memang mirip. Yah, kalau di Inggris sana ada Rolls Royce Ghost, anggap saja ini Rolls Royce Yurei (Yurei = Ghost, bahasa Jepang).

Toyota lebih fokus menekankan bahwa pintu belakangnya kini lebih tinggi, panjang dan bukaannya lebih lebar, supaya para bos, mafia dan yakuza bisa lebih gampang keluar masuk. Secara dimensi, mobil ini bahkan lebih besar daripada Mercedes Benz S-Class W222, jadi tak mengherankan jika kabinnya lega. Spesial buat Century, ada logo mahkota di kap mesin plus logo burung yang menggambarkan Century. Sepertinya ini logo burung Phoenix ya? Atau Merak? Atau bukan?

Interior Toyota Century tidak main-main dengan konsep yang dibawanya : Harus mewah, tapi mewahnya harus mewah Jepang, bukan mewah Eropa atau Amerika. Itu tercermin dari desain yang klasik dan serba kotak, seperti melihat Toyota Crown atau Cressida jadul, trim kayunya pun Jepang banget. Bahan interiornya tersedia dalam beberapa pilihan, misalnya bahan kulit berkualitas tinggi atau bahan wol macam yang ada di foto. Ya, ini bukan fabric, tapi wol.

Toyota tidak mau kepalanya “dibedil” oleh para yakuza karena memberikan mobil yang miskin fitur dan tidak sesuai dengan status mereka. Untuk itulah, Toyota Century 2018 mengadopsi teknologi canggih macam adaptive LED headlamp, meja tulis, lampu baca LED, sound system premium dengan 20 speaker, jok elektrik, kursi pijat, tirai jendela, sandaran kaki dan paket Toyota Safety Sense P yang sudah komplit dengan collision avoidance support, blind spot monitoring dan rear cross traffic alert.

Mesin? Hmm… Di sini sih yang bikin kepikiran. Toyota rupanya sudah merasa cukup dengan mesin 5.000 cc V12 berkode 1GZ-FE milik Century generasi kedua yang diperkenalkan tahun 1997 silam. Mesin itu kini sudah pensiun, diganti dengan mesin 5.000 cc V8 berkode 2UR-FSE yang disokong teknologi hybrid Toyota Hybrid System II plus baterai NiMH untuk memberi tenaga bagi motor listriknya. Toyota tidak bilang apakah Century bisa jalan pakai tenaga listrik saja atau tidak, bahkan tenaga dan torsi maksimum Century ini tidak diberi tahu.

Satu yang pasti, Toyota bilang bahwa hijrahnya Century dari V12 ke V8 hybrid adalah untuk mengejar efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Toyota sudah mendesain dudukan mesin, suspensi dan bannya supaya minim akan getaran dan suara yang mengganggu. Bisakah? Hm, sejak duduk di dalam Lexus LS500hL baru dan merasakan betapa hening kabin dan motor power window-nya, kami rasanya bisa percaya dan berharap. Bisa saja ia sehening Maybach 62S kan?

Toyota Century 2018 akan datang ke Tokyo Motor Show 2017 akhir Oktober untuk dipamerkan, dan penjualan baru akan dimulai pada pertengahan tahun depan. Harga? Hahaha… Pokoknya banderol mobil ini akan setara dengan banderol Mercedes Benz S-Class yang full spec, jadi jangan harap bisa gampang dibeli. Sudah begitu, ia tetap eksklusif untuk pasar Jepang saja. Apa opinimu tentang Toyota Century baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: