Toyota : Dominasi SUV dan Crossover di Pasar Makin Terasa, RAV4 Bisa Lebih Laris Dari Camry

by  in Berita&International
Toyota : Dominasi SUV dan Crossover di Pasar Makin Terasa, RAV4 Bisa Lebih Laris Dari Camry
0  komentar
toyota rav4

AutonetMagz.com – Kami memprediksi kemarin bahwa tahun 2016 besok akan jadi tahun di mana crossover dan SUV mulai berjaya, membuat mobil lain seperti hatchback atau sedan menjadi jauh ketinggalan secara angka penjualan di Indonesia. Tapi ternyata tren serupa tidak hanya menjangkiti Indonesia, tapi negara lain juga. Di Amerika Serikat misalnya, anggota eksekutif Toyota USA, Bob Carter memprediksi demikian juga.

mitsubishi-berencana-menutup-pabriknya-di-amerika-serikat-outlander

Spesifiknya, ia memprediksi kalau Toyota RAV4 nanti bisa lebih laris dari Camry yang merupakan mobil penumpang paling laris di sana selama 13 tahun. Untuk sekarang, Toyota RAV4 sudah melampaui Honda CR-V di Amerika Serikat secara penjualan di kelasnya, jadi bukan mustahil jika di tahun 2020 RAV4 menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat (Jika angka penjualan Ford F-150 diabaikan).

New Honda CR-V facelift 2015 Indonesia fitur

Akan tetapi, SUV lain seperti Honda CR-V, Nissan Rogue dan Ford Escape juga sudah melampaui penjualan sedan medium lain di sana. Perubahan selera di sana diklaim karena SUV dan crossover sekarang sudah tidak identik dengan konsumsi BBM super boros, seperti pada SUV dan truk besar buatan Amerika Serikat yang memakai mesin V8.”SUV dan crossover sekarang bisa senyaman sedan medium, fiturnya sama, iritnya sama dan harganya lebih kompetitif,” ujar Bob Carter.

ford-kuga

Untuk sekarang, segmen SUV dan crossover di sana masih didominasi merek-merek Jepang seperti Toyota, Subaru, Honda, Nissan dan Mitsubishi. Merek premium Eropa sendiri tahu crossover sedang tren di sana, tapi mereka belum berminat terjun ke persaingan tersebut dengan serius. Oh ya, meski RAV4 di Amerika adalah unit rakitan Kanada, Toyota Amerika mungkin bakal meminta RAV4 CBU Jepang untuk memenuhi permintaan konsumen.

Subaru-Forester-STI-biru

Seiring dengan meleknya Toyota dengan tren ini, langkah pabrikan lain pun sudah mulai gencar. Mitsubishi misalnya, menjanjikan 3 crossover baru untuk muncul sekitar 2 tahun mendatang, lalu ada Subaru yang menikmati penjualan Forester, Outback dan XV yang laris manis dan berniat menghidupkan kembali nama Tribeca. Okesip, jadi tren ini rupanya memang tren global, tidak hanya di Indonesia atau beberapa negara saja.

Apa kamu termasuk yang ikut tren crossover/SUV atau tetap lebih suka mobil jenis lain? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: