Toyota : Dominasi SUV dan Crossover di Pasar Makin Terasa, RAV4 Bisa Lebih Laris Dari Camry

by  in Berita&International
Toyota : Dominasi SUV dan Crossover di Pasar Makin Terasa, RAV4 Bisa Lebih Laris Dari Camry
0  komentar
toyota rav4

AutonetMagz.com – Kami memprediksi kemarin bahwa tahun 2016 besok akan jadi tahun di mana crossover dan SUV mulai berjaya, membuat mobil lain seperti hatchback atau sedan menjadi jauh ketinggalan secara angka penjualan di Indonesia. Tapi ternyata tren serupa tidak hanya menjangkiti Indonesia, tapi negara lain juga. Di Amerika Serikat misalnya, anggota eksekutif Toyota USA, Bob Carter memprediksi demikian juga.

mitsubishi-berencana-menutup-pabriknya-di-amerika-serikat-outlander

Spesifiknya, ia memprediksi kalau Toyota RAV4 nanti bisa lebih laris dari Camry yang merupakan mobil penumpang paling laris di sana selama 13 tahun. Untuk sekarang, Toyota RAV4 sudah melampaui Honda CR-V di Amerika Serikat secara penjualan di kelasnya, jadi bukan mustahil jika di tahun 2020 RAV4 menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat (Jika angka penjualan Ford F-150 diabaikan).

New Honda CR-V facelift 2015 Indonesia fitur

Akan tetapi, SUV lain seperti Honda CR-V, Nissan Rogue dan Ford Escape juga sudah melampaui penjualan sedan medium lain di sana. Perubahan selera di sana diklaim karena SUV dan crossover sekarang sudah tidak identik dengan konsumsi BBM super boros, seperti pada SUV dan truk besar buatan Amerika Serikat yang memakai mesin V8.”SUV dan crossover sekarang bisa senyaman sedan medium, fiturnya sama, iritnya sama dan harganya lebih kompetitif,” ujar Bob Carter.

ford-kuga

Untuk sekarang, segmen SUV dan crossover di sana masih didominasi merek-merek Jepang seperti Toyota, Subaru, Honda, Nissan dan Mitsubishi. Merek premium Eropa sendiri tahu crossover sedang tren di sana, tapi mereka belum berminat terjun ke persaingan tersebut dengan serius. Oh ya, meski RAV4 di Amerika adalah unit rakitan Kanada, Toyota Amerika mungkin bakal meminta RAV4 CBU Jepang untuk memenuhi permintaan konsumen.

Subaru-Forester-STI-biru

Seiring dengan meleknya Toyota dengan tren ini, langkah pabrikan lain pun sudah mulai gencar. Mitsubishi misalnya, menjanjikan 3 crossover baru untuk muncul sekitar 2 tahun mendatang, lalu ada Subaru yang menikmati penjualan Forester, Outback dan XV yang laris manis dan berniat menghidupkan kembali nama Tribeca. Okesip, jadi tren ini rupanya memang tren global, tidak hanya di Indonesia atau beberapa negara saja.

Apa kamu termasuk yang ikut tren crossover/SUV atau tetap lebih suka mobil jenis lain? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Ngew

    Rav4 baru apa jadi masuk indonesia? Kok di websitenya tam produknya ada tapi harganya kok gk ada

    • farid

      mungkin bakal masuk ke indonesia beberapa bulan nanti,pernah lihat di website TAM kalau ada sedikit perbedaan spek indonesia terutama kalau lihat foto dashboard nya disana ada perbedaan head unit rav4 spek indonesia dgn luar.soal harga gak salah pernah baca harganya sekitar 600-700jutaan,mahal amat masa crossover kompak sekelas crv dan xtrail dibandrol mahal segitu,mungkin toyota menempatkan segmennya diatas fortuner bukan diantara rush dan fortuner

      • Oki Ngew

        Idealnya sih kalo mesinnya 2000cc 400 jt lebih dikit sdh pas banget. Kalo sampe 500-600 jutaan… itu namanya bener2 overprice. Jelas mending everest dari segala sisi

  • Krisna

    Saya pernah dengar kalau Rav 4 hampir masuk namun batal krn mahal (beda lumayan dibanding crv). Kalau gak salah saat CRV masih 430jt an, Rav 4 mungkin 600 jt an. Semoga di 2016 Rav 4 masuk sini, saya pernah nyetir Camry enak sekali, lincah nyaman dsb, jika Rav 4 begitu mungkin bisa laku krn ground clearance tinggi, tidak takut genangan.

  • Cak Dri

    Pakai CRV memang irit sudah di test sendiri… fakta. Mendekati hybrid Camry, seliter bisa mencapai 18 kpl… Mesin modern top!… Test kecepatan konstan di tol Jagorawi dan tol Palimanan Kanci, 90-100 kpj konstan pakai cruise control… Silakan dicoba

    • Levi

      Saya mencium bau ketiaknya sales Honda

      • Robert

        Ya elah. Rata2 mobil kalo jalan konstan di tol ya segitu dapetnya. Agya/ayla manual yg gak punya teknologi apa2 aja di tol bisa 18,8 km/l. Coba lihat tesnya autobild. Rata2 hampir semua mobil fc toll nya memang segitu, dan itu biasa banget. Lagian itu kan versi mid mobil, penyimpangan data pasti ada.

        • Levi

          Hahaha Anda sangat betul, XD

          • Robert

            Rekor nyetir teririt pernah dpt brp bro

          • Levi

            21km/l pakai Agya TRD Sportivo MT, rute Tol Porong-Pandaan … Kalau Ertiga mentok di angka 19km/l, soalnya bawa keluarga

          • Robert

            Eh saya juga pake agya manual, tapi yg tipe e. Biasanya fc dalkot dpt brp? Pernah ngitung fc sendiri gak (gk pake mid) ?

          • Levi

            Dalkot +-10-12 km/l bro

      • Ali

        wkwk ngakak bro :))

    • Robert

      Ya elah. Rata2 mobil kalo jalan konstan di tol ya segitu dapetnya. Agya/ayla manual yg gak punya teknologi apa2 aja di tol bisa 18,8 km/l. Coba lihat tesnya autobild. Rata2 hampir semua mobil fc toll nya memang segitu, dan itu biasa banget. Lagian itu kan versi mid mobil, penyimpangan data pastilah ada.

  • Levi

    Yg gw tunggu” respon Toyota atas munculnya HR-V dan Brio Rasa su-V

    Karena Rush ibarat petarung handal yg mulai sepuh, harus diganti