Suzuki Indonesia Ungkap Peluang Ertiga Diesel, Mending Hybrid?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Suzuki Indonesia Ungkap Peluang Ertiga Diesel, Mending Hybrid?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sudah membahas mengenai beberapa poin menarik yang berhasil kami gali dalam sesi virtual press conference peringatan 50 tahun eksistensi Suzuki di Indonesia. Nah, kali ini kami masuk dalam poin terakhir dan paling menarik yang kami tanyakan langsung pada narasumber. Dan di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai peluang masuknya kembali Suzuki Ertiga Diesel ke pasar Indonesia, yang nampaknya cukup kecil kemungkinannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Maruti Suzuki India telah emngembangkan mesin diesel baru berkode E15A 1.500cc yang ditanamkan di Suzuki Ertiga yang dijual di sana. Sayangnya, ketatnya perkara emisi, pandemi COVID-19, dan pergeseran konsumen dari diesel ke bensin membuat usia dari mesin E15A di India cukup singkat. Nah, di Indonesia sendiri peluang untuk memasarkan mesin diesel cukup terbuka. Walaupun pangsa pasarnya masih di bawah mesin bensin untuk segmen LMPV, namun Suzuki bisa menjadi satu satunya pabrikan yang menawarkan jenis mesin ini (lagi). Kami pun menanyakan perihal peluang ini kepada 4W Sales and Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hideaki Tokuda.

Tokuda-san menyatakan bahwa memang pihaknya pernah memasarkan Suzuki Ertiga dengan mesin diesel beberapa tahun lalu. Nah, dari sana, SIS sendiri kini tidak lagi menyoal perkara mesin diesel ataupun mesin bensin. Konsentrasi utama SIS untuk Suzuki Ertiga adalah menghadirkan benefit tambahan yaitu keiritan bahan bakar. Memang, mesin diesel menjanjikan keiritan bahan bakar yang lebih baik dibandingkan meisn bensin, namun ada sebuah godaan lain yang lebih menarik, yaitu hybrid. “Solusi yang kami tawarkan bisa merujuk ke Hybrid ataupun mobil listrik. Kami ingin meluncurkan produk yang lebih baik dari yang ada sekarang. Namun, memang kami masih belum dapat memastikan kapan waktunya”, ujar Tokuda-san.

Nah, dari sini sebenarnya kita sudah bisa menebak kemana arah masa depan dari Suzuki Ertiga. Lupakan saja mesin Diesel, termasuk mesin diesel E15A yang sebenarnya potensial. Suzuki Ertiga nampaknya ingin segera masuk ke zona elektrifikasi. Dan jika benar, maka Suzuki sudah berada di jalan yang benar bersama dengan beberapa pabrikan yang kabarnya juga akan menghadirkan elektrifikasi pada segmen LMPV mereka. Duet Toyota-Daihatsu sudah sejak tahun lalu diisukan akan memiliki LMPV berteknologi Hybrid. Sedangkan Hyundai yang belum berkecimpung di segmen ini juga kabarnya akan menghadirkan LMPV dengan teknologi serupa. Mitsubishi? Kabarnya Xpander Hybrid akan hadir di 2023, dan bisa jadi diikuti Nissan Livina.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: