Hyundai Staria : Produk Baru Yang Bakal Dirakit Lokal?

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Staria : Produk Baru Yang Bakal Dirakit Lokal?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau Hyundai akan dan sedang menjadikan Indonesia sebagai basis kekuatan baru mereka di pasar Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Ini dimulai dengan pembangunan pabrik mereka di Indonesia yang ditargetkan rampung di tahun 2021 mendatang. Perlahan namun pasti, informasi mengenai komoditas yang dirakit lokal di Indonesia pun mulai muncul ke permukaan. Dan kali ini, muncul sebuah nama yang asing, yaitu Hyundai Staria.

Kalau kalian kepo dan melakukan googling nama Hyundai Staria, maka bisa dipastikan tidak ada hasil yang menunjukkan wujud mobil ini. Kalau mau menggunakan ilmu cocoklogi, nama Hyundai Staria masih cukup mirip dengan nama Hyundai Starex, beda 2 huruf belakang saja. Hyundai Starex sendiri adalah sebuah van komersial yang notabene adalah versi komersial dari Hyundai H-1. Dikutip dari AutoIndustriya, nama Hyundai Staria telah didaftarkan di beberapa negara ASEAN seperti di Malaysia, Laos, dan Kamboja. Selain nama Hyundai Staria, termonitor juga nama Hyundai Staria Premium. Sumber menyebutkan bahwa nama Hyundai Staria masuk dalam segmen ‘Mobil, Van, Kendaraan Listrik, Kendaraan Hybrid’.

Tentu ini menimbulkan beberapa spekulasi. Spekulasi paling mudah tentunya merujuk pada Hyundai Staria sebagai suksesor Hyundai Starex di pasar Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Sehingga, Hyundai Staria Premium nampaknya akan menjadi suksesor dari Hyundai H-1 yang lebih mewah. Namun, spekulasi lain yang berkembang adalah ide bahwa Hyundai Staria adalah sosok LMPV yang akan menjadi rival dari Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga serta kawan – kawannya. Apalagi, nama Hyundai Staria masuk dalam kategori mobil listrik dan mobil hybrid. Dan kalau kalian sudah membaca arah perkembangan LMPV ke depannya, maka teknologi elektrifikasi termasuk teknologi hybrid adalah hal yang paling masuk akal diterapkan.

Terlepas dari spekulasi – spekulasi itu, yang jelas Hyundai Indonesia memang akan memproduksi beberapa produknya di Indonesia. Baik Hyundai Staria maupun Hyundai Creta yang isunya sempat melambung beberapa waktu lalu. Dikutip dari CNN Indonesia, Head Of Public Relations Hyundai Motors Indonesia (HMID), Uria Simanjuntak menyatakan bahwa pihaknya masih berpaku pada rencana awal bahwa salah satu produk yang akan dirakit lokal adalah compact MPV. Hanya saja, beliau menambahkan bahwa Hyundai belum menentukan compact MPV apa yang akan diproduksi lokal di Indonesia. Sebenarnya, kalau kita cek line up lengkap Hyundai, belum ada satupun produk mereka yang masuk segmen LMPV.

Jadi, kita tunggu saja kejutannya. Bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: