SSC Tuatara 2019, Ancaman Baru Hypercar Masa Kini

by  in Berita&Mobil Baru
SSC Tuatara 2019, Ancaman Baru Hypercar Masa Kini
0  komentar

Autonetmagz.com – Ingat postingan kami sebelumnya yang menceritakan bahwa takhta mobil street-legal tercepat di dunia untuk tahun ini akan diguncang dengan keberadaan mobil dari SSC? Oke tunggu dulu, siapa itu SSC? Manufaktur dari mana mereka, tiba-tiba berani melawan Koenigsegg, Bugatti, Hennessey, dan manufaktur hypercar yang lain? Untuk kalian yang belum tahu mengenai perusahaan yang didirkan oleh Jerod Shelby pada 1999 tersebut, cek artikel kami yang sebelumnya ya. Kenalan dulu, mungkin saja jodoh.

Baca juga : Siap Menantang Koeniggsegg, SSC Tuatara Masuk Jalur Produksi

Manufaktur yang namanya disingkat dari Shelby Super Cars ini, telah memperkenalkan mobil hypercar hunter terbaru mereka pada gelaran Pebble Beach Concours d’Elegance kemarin di Monterey, California. Butuh waktu yang cukup lama memang untuk memajukan status mobil ini dari konsep menuju model produksinya, sekitar tujuh tahun lamanya SSC membuat kita para petrolheads menunggu! Tapi akhirnya, penantian kita terlampiaskan dengan munculnya model produksi dari sang hypercar ganas asli Amerika tersebut. Mari kita sambut, versi produksi dari SSC Tuatara 2019!

Mengambil nama dari reptil yang berasal dari Selandia Baru, mobil ini hanya memiliki berat sebesar 1.247 kilogram saja. Hal tersebut dikarenakan pihak SSC yang menggunakan serat karbon bukan hanya pada bodi dan sasis saja, bahkan velg dari sang Tuatara pun juga ikut mengandung bahan ringan tersebut. Untuk bagian ‘sepatu’nya sendiri SSC Tuatara menggunakan velg 20-inci yang dibungkus ban Michelin Pilot Sport Cup dengan profil 245/35 di as roda depan dan 345/25 untuk roda belakangnya, spek yang menyiratkan kalau mobil ini siap melibas kecepatan tinggi.

Oh iya, desainnya hampir persis dengan konsepnya tujuh tahun lalu loh, mempertahankan bentuk streamline futuristik. Desain ini memiliki tingkat keaerodinamisan tinggi dengan drag coefficiency-nya yang hanya 0,279. Bandingkan dengan Bugatti Chiron yang memiliki angka drag coefficiency sebesar 0,360 dan Koenigsegg Agera serta Hennessey Venom F5 sebesar 0,330. Jadi, klaim SSC yang langsung mengincar takhta hypercar tertinggi ini bisa kita katakan sah-sah saja. Belum yakin dengan klaimnya? Yuk kita tengok ke ruang mesin.
Untuk jantungnya sendiri, SSC Tuatara memiliki dapur pacu internal combustion dengan konfigurasi V9 twin-turbo 5,9 liter yang memuntahkan 1.350 hp saat menggunakan unleaded fuel dan memiliki redline pada 8.800 rpm. Untuk sekelibat info, bensin beroktan 91 masih bisa diminum oleh sang Tuatara. Kalau begitu Pertamax lolos nih gan. Itupun kalau ada yang beli di Indonesia sih.

Tapi tunggu dulu, apa tenaganya masih kurang nendang? Gunakan saja bensin E85 (Etanol 85%, Bensin 15%) dan mobil buas ini akan mengeluarkan tenaga sebesar 1.750 hp! Opsi yang cocok untuk kalian yang masih kurang puas pada performa “standar” si hypercarPower-to-weight rasionya bisa anda bayangkan sendiri, menyeramkan? Bukan SSC namanya kalau tidak menyeramkan.

Mid-engine yang memiliki berat 194 kg dan berpenggerak roda belakang (RWD) tersebut telah dikawinkan dengan girboks manual yang sudah terkomputerisasi. Memiliki tujuh percepatan dengan sistem robotic shiftgearbox tersebut diklaim SSC akan menyalurkan tenaga dari mesin ke tiap roda belakanganya dengan sempurna. Top speed-nya? Mereka mengklaim kalau mobil ini dapat mencapai kecepatan 483km/h! Koenigsegg Agera RS yang saat ini menjadi mobil tercepat saja hanya mencapai 447km/h, langsung menyerang sang raja nih SSC?

Sayang pada interiornya, pihak SSC masih Belum mau menjelaskan fitur apa saja yang tersedia pada sang Tuatara. Namun jika kita melihat dari fotonya, SSC Tuatara akan menggunakan campuran bahan kulit dengan karbon pada bagian dashboard dan juga bagian setirnya. Penggunaan MID full layer TFT berwarna juga terlihat jelas pada foto press release ini. Terlihat juga hadirnya HUD yang belum jelas ukuran mapun fiturnya juga. Apakah masih menggunakan tombol konvensional atau malaha touchscreen?

Untuk bagian price tag-nya pun SSC masih menutup rapat soal hal tersebut. Tapi jangan salah, mobil ini sudah bisa dipesan loh. Pihak SSC North America juga sudah menyatakan kalau pihaknya telah siap untuk memproduksi SSC Tuatara saat ini. Untuk jumlah produksinya sendiri, SSC akan membatasi edaran Tuatara dengan hanya membuat 100 unit saja untuk para pelanggannya di seluruh dunia. Jadi bagaimana menurut anda limited hypercar hunter lansiran SSC ini? Ramaikan kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: