Haojue HJ300 : Inilah Sosok Calon Suzuki GSX-S250!

Haojue HJ300 : Inilah Sosok Calon Suzuki GSX-S250!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa diantara kalian mungkin masih ingat di awal bulan April 2018 kemarin ada sebuah paten motor yang cukup memberikan kejutan, dan paten tersebut datang dari pabrikan asal Jepang berlogo S, Suzuki. Yap, dalam paten tersebut terlihat bahwa motor yang akan diproduksi adalah sebuah motor naked dengan ukuran medium. Kala itu, informasi yang didapatkan adalah bahwa nama dari produk dalam paten tersebut adalah Haojue HJ300. Lho? Bukan Suzuki? Tunggu dulu. Yuk kita bahas lebih lanjut, berhubung bocoran foto riil dari motor ini juga sudah ada, cekidot.

Jadi, bagi kalian yang masih bingung dengan istilah nama Haojue dan Suzuki yang seolah kami tukar – tukar dalam artikel sebelumnya dan artikel ini, maka kalian perlu memahami bahwa keduanya memang berada di dalam satu payung hukum yang sama di China, alias satu JV. Berdiri dengan nama perusahaan Changzhou Haojue Suzuki Motorcycle dan bermarkas di kota Changzhou di Provinsi Jiangsu China, Haojue dan Suzuki sudah lama berkolaborasi untuk menciptakan motor untuk dipasarkan di China dan diekspor keluar China. Salah satu produk mereka yang cukup akrab dengan kita adalah Suzuki GW250 alias Suzuki Inazuma. Haojue Suzuki jugalah yang memproduksi Suzuki GSX-250R. Nah, sudah paham? Kembali ke Haojue HJ300. Sesuai dengan namanya, Haojue HJ300 akan mengusung mesin 300cc, dan bisa saja direduksi menjadi 250cc dan berubah menjadi Suzuki GSX-S250 jikalau pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin mengimpornya.

Berhubung motor ini belum diluncurkan, dan foto – foto yang beredar sifatnya masih spyshot, maka kita memang tak bisa mendapatkan gambaran jelas dari sosok Haojue HJ300 ini. Namun tak apa, kita amati saja detail dari foto – foto ini. Pertama, dari foto headlamp Haojue HJ300 ini terlihat bahwa motor ini akan memiliki sebuah lampu DRL bak alis di sisi atas lampu utamanya, mirip pesaingnya? Anggap saja terinspirasi. Kedua, dari bentuk housing lampu depannya, nampaknya Haojue HJ300 mengandalkan lampu LED dengan bentuk reflektor dan lampu depannya secara bentuk akan meruncing ke bawah. Kedua, spatbor depan akan dilabur warna hitam, dan untuk suspensi depan akan mengandalkan tabung model terbalik alias USD berwarna silver. Untuk gambar kedua, terlihat shroud dari Haojue HJ300 ini cukup tajam dan tertuliskan nama DR300, agak unik karena keluarga DR adaah motor petualang di dalam trah Suzuki.

Lanjut, velg menggunakan laburan warna hitam, dan piringan cakram depan ukurannya cukup besar dengan bentuk wavy. Haojue HJ300 juga sudah dilengkapi dengan undercrowl dan disini terlihat bahwa crankcase dari Haojue HJ300 ini nampak berbeda dengan Suzuki GW250, mesin baru? Bisa jadi. Oiya, dari dua gambar pertama ini juga terlihat bahwa Haojue HJ300 menggunakan hero color dari Suzuki, yaitu perpaduan warna gelap (hitam atau dark grey) dengan biru yang mirip dengan warna tim MotoGP dari Suzuki. Pindah ke foto ketiga yang memperlihatkan sisi belakang dari motor ini, terlihat bahwa motor ini masih menggunakan lengan ayun model kotak biasa, dan jugaban lansiran Pirelli. Sekilas juga terlihat bahwa knalpot dari Haojue HJ300 ini cuma ada satu saja di sisi kanan dan bentuknya mengotak.

Overall, secara bentuk nampaknya pihak Haojue Suzuki memang menerjemahkan sangat mirip dengan paten yang sempat tersebar beberapa bulan lalu. Artinya? Seharunya motor ini akan punya tampang yang cakep. Nah, kalau menurut kalian, setuju atau tidak sosok Haojue HJ300 dihadirkan ke tanah air sebagai Suzuki GSX-S250? Kalau kami sih setuju saja, mumpung Kawasaki Z250 belum di-update, Yamaha MT-25 juga, dan Honda masih galau apakah mau masuk atau tidak ke kelas ini. Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber Gambar : AriPitStop

Read Prev:
Read Next: