Bugatti Chiron Super Sport Tak Tembus 500 Km/Jam, Tapi…

Bugatti Chiron Super Sport Tak Tembus 500 Km/Jam, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Bugatti Chiron lahir sebagai penerus Bugatti Veyron, banyak yang percaya bahwa pada suatu hari nanti, Bugatti akan jadi mobil pertama yang tembus 500 km/jam. Prestasi kakaknya, Bugatti Veyron yang menjadi mobil pertama menembus 400 km/jam sudah berhasil diteruskan oleh Chiron meskipun secara tidak resmi. Pada sirkuit tes milik VW, Bugatti Chiron berhasil dimodifikasi dan tembus 300 mil per jam, atau sekitar 500 km/jam di tahun 2019.

Sekali lagi, rekor tersebut tak resmi karena Bugatti hanya mengujinya ke satu arah, bukan bolak-balik. Meski demikian, Bugatti tetap bangga dan akhirnya menjual edisi khusus dari mobil pemecah rekor tersebut. Adalah Bugatti Chiron Super Sport 300+ yang rela mengorbankan segala kemewahannya demi mengejar kecepatan maksimal 300 mph. Akan tetapi, untuk mobil yang harganya setara APBD sebuah wilayah, mungkin masih banyak yang ingin kemewahan.

Kenyamanan yang Kembali

Jika Bugatti Chiron Super Sport 300+ terkesan kopong karena harus mengejar kecepatan maksimum, lain ceritanya dengan Bugatti Chiron Super Sport tanpa embel-embel “300+”. Ini tetap sebuah Chiron dengan tenaga ekstra dari mesin 8.000 cc 16 silinder quad-turbo bawaannya. Tenaga yang kita bahas di sini bisa mencapai 1.600 PS, sementara torsinya 1.599 Nm. Bedanya, kecepatan maksimal Bugatti edisi terbatas ini “hanya” mencapai 440 km/jam. Masa iya segitu dibilang “hanya”.

Namun kemewahan dan kenyamanan yang ada di Chiron standar dikembalikan lagi di Chiron Super Sport ini. Tidak ada bahan alcantara, yang ada hanya kulit, aluminium dan jahitan-jahitan asli yang warna dan motifnya bisa dipesan sesuai selera konsumen Bugatti. Beberapa bahan peredam suara pun kembali dipasang kalau-kalau pemiliknya ingin turing jarak jauh pakai mobil yang konsumsi bensinnya 1 banding 20 ini. Maksudnya 1 liter buat jarak 20 rumah…

Sentuhan Istimewa

Pada Bugatti Chiron Super Sport, kita akan melihat beberapa identitas desain dari buyutnya. Lubang udara berbentuk lingkaran di fender adalah ilham desain dari Bugatti EB110, demikian pula dengan susunan 4 buah selongsong knalpotnya. Pelek aluminium yang dipasang juga didesain hanya untuk Chiron edisi spesial ini. Setelan kaki-kakinya juga sedikit dibedakan supaya mobil ini jadi lebih mantap saat ditekuk di jalan berliku.

Performa mobil ini juga masih menggetarkan. Akselerasi 0-100 sekitar 2 detikan, lalu 0-200 5,8 detik saja lalu 0-300 sekitar 12,1 detik. Mobil ini hanya akan dibuat sebanyak 60 unit saja, dan meski sudah ada sedikit mobil lain yang performanya sama atau bahkan melebihi Bugatti Chiron ini, kami yakin minat orang-orang berduit akan mobil gila dari Bugatti tidak akan surut semudah itu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: