Shell Eco-Marathon Tantang Para Pelajar Asia Di Mandalika

by  in  Berita & Hi-Tech & Nasional
Shell Eco-Marathon Tantang Para Pelajar Asia Di Mandalika
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk pertama kalinya, Shell Eco-Marathon (SEM) dimulai dan diselenggarakan di Indonesia pada 11-15 Oktober 2022. Berlokasi di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, SEM diikuti Lebih dari 40 tim mahasiswa dari sembilan negara di Asia untuk bersaing dalam merancang, membangun, menguji, serta mengendarai mobil hemat energi.

Kategori Lomba Shell Eco-Marathon 2022

Pada Shell Eco-Marathon Indonesia 2022, para pelajar dari kawasan Asia termasuk Indonesia, India, Singapura, Vietnam, Filipina, Nepal, Kazakhstan, Malaysia dan Korea Selatan akan bersaing dalam dua kategori kelas kendaraan: Prototype dan Urban Concept. Kategori Prototype berfokus pada desain kendaraan ultra-efisien dan ringan, umumnya dengan tiga roda.

Sementara, kategori Urban Concept berfokus pada rancangan kendaraan untuk mobilisasi di perkotaan yang efisien dalam hal energi dengan roda empat konvensional. Tim pelajar dapat merancang mobil Prototype atau Urban Concept dan memilih tiga kategori energi: mesin pembakaran dalam (internal combustion engine), baterai listrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Demi Penggunaan Energi Yang Paling Efisien

“Kolaborasi dengan perusahaan seperti Shell sangat bermanfaat bagi generasi muda kita untuk mengeksplorasi solusi hemat energi di sektor otomotif untuk mengurangi polusi dan pengganti bahan bakar fosil,” ucap Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ia juga mengapresiasi penyelenggaraan Shell Eco-Marathon yang berperan penting dalam solusi kendaraan hemat energi, wadah interaksi, juga sekaligus memajukan pariwisata Indonesia.

Ingrid Siburian selaku Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia mengatakan, “Acara ini bertujuan untuk mendorong batas-batas teknologi dan memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk mengimplementasikan teori efisiensi energi mereka ke dalam pengalaman langsung di lintasan. Di saat yang sama, kegiatan ini juga menghidupkan misi Powering Progress Shell dengan menghadirkan solusi energi yang lebih beragam dan lebih bersih.”

Sebagai salah satu kompetisi terlama untuk pelajar/mahasiswa di dunia, Shell Eco-marathon adalah program global untuk merancang dan mengembangkan kendaraan paling hemat energi untuk kemudian diuji di sirkuit. Kendaraan yang bersaing harus melewati pemeriksaan teknis sebelum masuk ke lintasan untuk melihat seberapa jauh mereka dapat melaju dengan jumlah bahan bakar yang paling sedikit.

Read Prev:
Read Next: