Pertama Kalinya, Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 Siap Digelar Di Mandalika

by  in  Berita & Nasional
Pertama Kalinya, Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 Siap Digelar Di Mandalika
0  komentar

AutonetMagz.com – Shell Indonesia pada Selasa (06/09) lalu, melaksanakan konferensi pers untuk perlombaan Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 yang diikuti puluhan peserta dari berbagai negara Asia Pasifik dan Timur Tengah. Momen ini tentunya cukup menarik perhatian mengingat ini adalah kali pertama Shell Eco-Marathon dilaksanakan langsung di Indonesia tepatnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11 – 15 Oktober 2022 mendatang.

Dari Shell Untuk Mobilitas Cerdas Dan Berkelanjutan

Shell Eco-Marathon sendiri adalah kompetisi yang mengikutsertakan para pelajar hingga mahasiswa perguruan tinggi dari berbagai negara untuk berinovasi dalam merancang dan membangun kendaraan paling hemat energi. Tentunya kompetisi Shell Eco-Marathon ini memiliki tujuan untuk memberikan solusi dalam menghadapi tantangan sumber energi seperti kelangkaan bahan bakar fosil. Hingga akhirnya kompetisi tahunan dari Shell ini dapat melahirkan mobilitas yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

Ingrid Siburian selaku Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, mengatakan bahwa kompetisi Shell Eco-Marathon adalah wujud nyata dari komitmen Powering Progress yang diprakarsai Shell secara global. “Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, tentunya kami berharap ajang ini dapat mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk turut ambil bagian dalam pencapaian komitmen Net-Zero Emission (NZE) Indonesia di 2060,” ucapnya.

Peserta Dan Kesiapan Mandalika Untuk Eco-Marathon

Dalam ajang Shell Eco-Marathon kali ini, para peserta berasal dari kawasan Asia Pasifik serta Timur Tengah seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Pakistan, Kazakhstan, hingga Nepal. Untuk Shell Eco-Marathon Indonesia 2022. ke-13 negara mengirimkan total hingga 78 tim mahasiswa yang siap bertanding selama 5 hari nantinya di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Kami bangga dapat turut menjadi bagian dalam perjalanan inovasi mobilitas masa depan oleh generasi muda di Indonesia, serta di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Kehadiran Shell Eco-marathon tentu akan menjadi bagian dari catatan penting untuk sejarah perjalanan sirkuit ini, dan kami bersiap untuk menyuguhkan pengalaman yang memukau bagi semua peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia,” dukung Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Dalam kompetisi ini, tiap tim mahasiswa peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yakni Urban Concept dan Prototype dan diberikan pilihan untuk menggunakan sumber energi mulai dari baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol hingga diesel. Tentunya kompetisi Shell Eco-Marathon ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas berkat inovasi teknologi para peserta yang mendukung keberlangsungan sumber energi untuk Bumi.

Read Prev:
Read Next: