Pembuatan Supercar 8 Silinder Quad-Turbo Porsche Tertunda, Kenapa?

by  in International&Porsche
Pembuatan Supercar 8 Silinder Quad-Turbo Porsche Tertunda, Kenapa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Fans Porsche boleh bilang kalau Porsche 911 GT3 atau bahkan GT2 nanti sudah sangat cukup untuk melawan supercar murni seperti Ferrari 488, McLaren 650S atau Lamborghini Huracan. Silakan, tapi sepertinya Porsche merasa belum cukup, makanya mereka dikabarkan sedang membuat sebuah supercar mid-engine dengan kode 960. Menurut Automotive News, proyek ini sudah berjalan beberapa lama.

Menyoal bisik-bisik spesifikasi jantung yang digunakan supercar misterius berkode 960 ini, Porsche diklaim akan pakai mesin boxer 8 silinder – sekali lagi, boxer 8 silinder, bukan V8 – yang diperkuat oleh 4 turbo. Dengan prediksi tenaga di angka 650 hp-an, itu cukup untuk melawan Ferrari, McLaren serta Lamborghini. Sayang sekali, masih dari sumber yang sama, menyampaikan kalau proyek supercar ini harus ditunda beberapa tahun.

porsche-918-spyder-rear

Paling lambat, Porsche 960 harusnya muncul sekitar tahun 2020-an setelah penundaan ini. Alasannya, VW Group masih harus menanggung kerugian dan tanggung jawab dari kasus dieselgate mereka, dan karena fokus utama VW Group termasuk memulihkan kondisi perusahaan, maka yang lain-lain – termasuk development Porsche 960 – ditunda dulu, menunggu kondisi VW Group kembali stabil.

Apa dampak lainnya? Well, jika penundaan ini benar dan peluncuran Porsche 960 jadi sekitar tahun 2020-an. Mungkin Porsche akan mendesain ulang 960 mulai dari nol. Ini soal kompetisi di kelasnya, karena pada tahun 2020-an, bisa jadi supercar seperti Ferrari 488, McLaren 650S dan Lamborghini Huracan sudah berevolusi, dan tenaga mesinnya dibuat lebih besar, lari lebih kencang dan kemungkinan pakai hybrid pun ada.

struktur porsche carrera gt

Agar tidak kalah saing, Porsche pun harus memikirkan kemungkinan itu. Harusnya bukan masalah pelik, mengingat Porsche sudah punya pengalaman membuat mobil bermesin tengah seperti di Porsche Cayman, Boxster, Carrera GT dan 918 Spyder. Kalau perlu hybrid pun, 918 Spyder bisa jadi benchmark yang bagus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: