Porsche Stop Pemesanan Kendaraan Demi Penuhi Standar WLTP Baru

Porsche Stop Pemesanan Kendaraan Demi Penuhi Standar WLTP Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian tahu dengan standar Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure atau yang lazim dikenal dengan nama standar WLTP? Nah, WLTP sendiri mendefinisikan standar harmonisasi global untuk kendaraan ringan. Dan standar baru akan muncul di bulan September 2018 ini, dimana pabrikan asal Jerman yaitu Porsche sudah bersiap supaya produk mereka bisa memenuhi standar baru tersebut.

Oke, sebelum lebih jauh membahas mengenai apa yang dilakukan oleh pihak Porsche, kita bahas dulu mengenai WLTP. Bagi kalian yang belum tahu, WLTP sendiri merupakan standar untuk harmonisasi secara global terkait tingkat polutan dan kandungan emisi CO2, konsumsi bahan bakar atau energi, dan juga jarak tempuh dari motor listrik untuk kendaraan – kendaraan di dalam segmen light duty, alias kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan. WLTP sendiri digarap oleh beberapa ahli dari uni eropa, Jepang, dan India dengan pengawasan di bawah Forum dunia UNECE untuk Harmonisasi regulasi kendaraan. Nah, sudah dapat sedikit gambaran mengenai WLTP? Kini kita bahas bagaimana langkah Porsche untuk memenuhi standar ini.

Standar baru dari WLTP sendiri dijadwalkan hadir di bulan September 2018 ini, dan Porsche mengambil langkah tegas dengan menghentikan pemesanan kendaraan hingga tanggal 1 September mendatang. Namun bagi pembeli yang ingin membeli mobil Porsche, mereka masih bisa tenang, karena pihak Porsche sendiri sudah menumpuk stok dari beberapa model lansirannya untuk mengantisipasi penjualan hingga bulan September 2018 mendatang, namun tak semua model. Mengutip dari AutoCar, jurubicara Porsche menyebutkan bahwa mengacu pada prosedur yang harus dilaksanakan, beberapa model Porsche tak akan diproduksi sebelum tanggal 1 September.

Hal ini dilakukan supaya tak banyak dampak yang terjadi jika nantinya muncul standar baru sehingga tak ada tumpukan mobil berstandar lawas yang nantinya harus dijual. Porsche sendiri dipastikan harus mengetes ulang seluruh kendaraan mereka mengacu pada standar baru WLTP tersebut. Standar WLTP sendiri lebih ketat jika dibandingkan dengan standar NEDC, namun ada perbedaan diantara keduanya dimana standar WLTP dilakukan dalam kondisi riil, bukan sekedar di dalam laboratorium. Oiya, WLTP sendiri sudah memakan korban beberapa mobil yang kita kenal, seperti BMW M3 F80 yang akan dihentikan produksinya di bulan Agustu 2018 ini dan BMW Seri 7 bermesin bensin yang akan ditarik dari pasar Eropa dalam satu tahun ke depan.

Baca Juga : Porsche Indonesia Ambil Ancang-Ancang Hadapi Era Mobil Listrik

Oiya, pemesanan dari mobil Porsche yang dihentikan sementara ini adalah untuk model yang bersifat custom, dan berlaku di kawasan Eropa. Nah, kita lihat saja seperti apa hasil konsumsi bahan bakar dan uji emisi dari mobil – mobil Porsche pasca regulasi dan standar baru WLTP dikemukakan. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: