Ditilang Karena Mengemudi Porsche Macan, Kenapa Ya?

by  in Berita&International&Porsche
Ditilang Karena Mengemudi Porsche Macan, Kenapa Ya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Seorang pengemudi sedang asiknya berkendara dan tiba – tiba di stop oleh polisi. Ada apa gerangan? Sang pengemudi merasa tidak melanggar rambu, marka jalan, maupun melakukan sebuah tabrakan. Jeng – jeng…

Pol : “Permisi mas, boleh lihat sim dan stnk-nya?”
Driv : “Boleh Pak, nih”
Driv : “Salah saya apa ya pak?”
Pol : “Alay banget sih mas, kalo gabisa beli Macan ga usa di macan – macanin lah”
Driv : “Waduh pak ini Macan beneran loh pak, nambah 400 ribu udah jadi Macan Pak”
Pol : “Mbahmu, Anda saya tilang karena menggunakan emblem yang tidak sesuai dengan mobil Anda”

Kira – kira mungkin itu cuplikan pembicaraan yang ada saat pengendara tersebut ditilang. Faktanya, benar pengendara tersebut ditilang karena mengemudikan Macan yang salah, ehm maksudnya Macan KW buatan pabrikan RRC.

Kejadian ini bermula saat ada pemeriksaan rutin oleh polisi setempat, yakni di Liuyang, provinsi Hunan. Mobil ini ditempelkan badge dan emblem Porsche hingga ke bagian velg-nya. Pengemudi mengatakan bahwa ia menginvestasikan 200 yuan (sekitar 386 ribu rupiah) yang ia miliki untuk mengubah mobilnya menjadi Porsche Macan.

Polisi yang jeli dengan barang KW langsung menilang dengan denda sebesar 500 yuan (965 ribu rupiah), rugi bandar. Hal ini ada benarnya karena untuk kepentingan identifikasi, apabila ada kecelakaan yang tidak diinginkan dan mengira korban/pelaku sebagai Porsche Macan eh ternyata bukan, bakal susah mengidentifikasinya apalagi bila tidak diketahui nomor polisinya.

Memang apa sih mobil yang pengemudi itu gunakan? Zotye SR9, merupakan kloningan Porsche Macan yang memiliki harga 100.000 yuan atau setara dengan 193 juta rupiah, di RRC harga segitu 5 kali lebih murah dari Macan beneran.

Silahkan cermati gambar yang beberapa kami ambil dari CarNewsChina.com. Terlihat bahwa sebenarnya mobil ini sangat berbeda, namun apabila Anda tidak jeli mungkin akan berpikir bahwa Zotye merupakan Porsche sungguhan.

Bagaimana menurut kalian? Apakah di Indonesia perlu seketat itu? Mengingat banyak yang suka mencabut emblem maupun banyaknya pabrikan yang berbagi platform. Atau jangan – jangan kalian sudah berencana mengimpor Zotye agar bisa ngibulin teman – teman disini? Sampaikan komentarmu di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: