Paten All New Toyota Sienta Terdaftar di DJKI Indonesia, Mau Jual?

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Paten All New Toyota Sienta Terdaftar di DJKI Indonesia, Mau Jual?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara segmen MPV, maka Toyota merupakan salah satu ‘Rajanya MPV’ di Indonesia. Lihat saja peforma penjualan MPV mereka, mulai dari Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Innova, bahkan Toyota Alphard. Semuanya laris manis. Tapi, tak ada gading yang tak retak. Ada 1 model MPV dari Toyota yang nasibnya berbeda, flop. Dan mobil tersebut adalah Toyota Sienta. Kali ini, kami punya kabar terbaru dari Toyota Sienta, dan ini merupakan kabar yang baik. Yuk kita bahas.

baca juga : All New Toyota Sienta : Desain Berubah Total, Pakai Konsep Shikakumaru

Paten All New Sienta Terdaftar

Sesuai judul di atas, kami menemukan paten dari All New Toyota Sienta di dokumen Berita Resmi Desain Industri no 33/DI/2022 yang dirilis beberapa waktu lalu. FYI, All New Toyota Sienta sebenarnya telah diperkenalkan secara resmi di Jepang dan dijual per bulan Agustus 2022 silam. Nah, munculnya paten ini pun membuat pikiran kami traveling dan menduga bahwa MPV dengan pintu geser ini berpeluang untuk diperkenalkan di Indonesia. FYI, kami sebelumnya pernah membuat postingan di Instagram bahwa peforma penjualan dari Toyota Sienta di Indonesia tidak menggembirakan.

baca juga : All New Toyota Sienta : Interior Mirip Voxy, Tanpa Captain Seat

Sepanjang tahun 2022 ini, Toyota Sienta hanya membukukan wholesales sebanyak 71 unit saja. Itupun tipe terlaris merupakan tipe welcab yang sebenarnya ditujukan untuk pengguna disabilitas ataupun lansia. Dokumen resmi DJKI tersebut menyatakan bahwa paten All New Toyota Sienta dengan nomor penerimaan A00202202287 diajukan pada 13 Juli 2022. Artinya, paten tersebut diajukan sebulan sebelum world premiere-nya di Jepang. Nah, kalau diperhatikan, sosok All New Toyota Sienta yang ada di dalam paten merupakan tipe tertinggi a.k.a tipe Z di pasar Jepang. Akankah paten ini menjadi kabar gembira bagi pecinta Toyota Sienta di Indonesia? Kita tunggu saja.

baca juga : Line Up Gemuk, Toyota Jepang Bermasalah Dengan Waktu Inden

Sudah Pakai TNGA-B, Model Berubah Total

Oke, kita bahas sekalian sosok All New Toyota Sienta yang dirilis di Jepang. Mobil ini hadir dengan platform baru yaitu TNGA-B yang setara dengan Toyota Yaris XP210 dan Toyota Yaris Cross. All New Toyota Sienta mengandalkan 2 opsi mesin yaitu mesin 1,500cc M15A-FKS dengan Direct Shift CVT serta mesin 1.500cc M15A-FXE e-Four Hybrid. Mobil ini ditargetkan terjual sebanyak 8.300 unit per bulannya di Jepang dan sudah bisa ditemukan di diler – diler Toyota di Jepang pada awal September silam. Secara desain, All New Toyota Sienta sudah tidak mirip dengan Toyota Sienta yang kita kenal sekarang.

baca juga : Toyota Sienta Welcab : Akhirnya Pakai Captain Seat

Mengusung konsep desain bernama ‘Shikakumaru‘, All New Toyota Sienta tampil dengan desain membulat, mengotak, namun juga simpel. Awalnya, kami sangat meragukan mobil ini akan masuk ke Indonesia. Namun, dengan munculnya paten ini, keraguan kami perlahan berkurang. Kita tunggu saja kejutan apa yang disiapkan oleh Toyota dengan mobil ini. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: