All New Toyota Sienta : Interior Mirip Voxy, Tanpa Captain Seat

by  in  Berita & International & Merek Mobil
All New Toyota Sienta : Interior Mirip Voxy, Tanpa Captain Seat
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih melanjutkan bahasan mengenai All New Toyota Sienta, kali ini kami akan membahas bagaimana desain interiornya. Dimana Toyota nampak juga mengubah banyak hal di interior MPV berpintu geser ini sehingga makin fungsional ketimbang versi sebelumnya. Yuk kita kupas lebih dalam. Cekidot.

Baca Juga : All New Toyota Sienta : Desain Berubah Total, Pakai Konsep Shikakumaru

Interior Banyak Bahan Fabric, Mirip Voxy

Masih senada dengan eksterior, All New Toyota Sienta menerapkan desain ala Shikakumaru di interiornya. Jadi, tak usah kaget jikalau banyak bagian yang mengotak dan membulat di dalam kabinnya. Masuk ke kabinnya, kita langsung disuguhi interior yang bertabur bahan fabric berwarna cerah. Walaupun sebenarnya itu tergantung tipe apa yang kalian beli (kalau kalian di Jepang). Karena ada beberaoa opsi yang menggunakan warna gelap saja. Oke, kita bahas saja tipe dengan bahan fabric kecoklatan ini, karena nampaknya tipe ini adalah tipe tertinggi. Jika kalian perhatikan, bahan fabric yang sama digunakan di jok, bagian atas dashboard, doortrim dan di armrest pengemudi.

Setir yang digunakan oleh All New Toyota Sienta adalah setir yang sama dengan Toyota Yaris XP210. Palang 3 dengan banyak tombol, termasuk tombol Cruise Control dan Audio di kanan dan tombol MID serta voice command di kiri. Panel instrumennya menggunakan layar berwarna yang cukup besar yang diapit oleh indikator bensin dan suhu mesin. Sebuah komposisi yang lagi – lagi mengingatkan kami pada Toyota Voxy terbaru. Di sebelah kanan setir terdapat cup holder, kisi AC, dan tombol untuk membuka atau menutup PSD serta tombol untuk auto high beam dan VSC. Di bagian tengah, terdapat head unit yang cukup besar dengan layar sentuh yang posisinya ada di sisi atas. Masih ada 1 dial yaitu dial volume dan tombol power untuk head unit-nya.

Gear Lever Unik, Banyak Laci Penyimpanan

Di bawah head unit terdapat AC digital yang masih memiliki banyak tombol fisik, nice. Oiya, head unit dan kontroler AC nampak dibuat jadi 1 bingkai dengan warna hitam glossy, terlihat cantik. Di sisi bawahnya terdapat kisi AC dan tombol hazard, lalu sampailah kita di gear lever-nya. Kalau diperhatikan, unit yang kita bahas kali ini adalah unit berteknologi hybrid karena di sisi kanan gear lever terdapat tombol EV Mode dan Drive Mode. Bentuk gear lever-nya pun unik dengan 5 posisi yaitu P, R, N, D, dan B. Untuk posisi P dibuat berbentuk tombol. FYI, ada tipe lain yang menggunakan gear lever yang lebih umum, dan kami coba tampilkan berdampingan di foto terlampir. Oiya, di bawah tombol Drive mode terdapat tombol dengan lambang setir dan P, yang artinya adalah Parking Assistant.

Di sisi kiri gear lever terdapat laci penyimpanan terbuka (bukan cup holder atau bottle holder) dan juga power outlet. Turun lagi ke bawah, terdapat 4 tombol untuk ventilated seat depan dan penghangat setir, serta power outlet 100V dan 1500W. Rem parkir dimana? Tetap di kaki kiri. Pindah ke sisi kiri dashboard, terdapat laci penyimpanan terbuka seperti halnya Toyota Voxy, cup holder, ada 2 buah hook, dan glovebox. Yap, kita menghabiskan 3,5 paragraf hanya untuk kabin bagian depan All New Toyota Sienta. Untuk doortrim, selain ada bahan fabric, Toyota juga memberikan bottle holder yang muat dari ukuran kecil hingga besar. Bahkan ada batasan ukuran yang tertera di pintu. Sayangnya, armrest hanya ada untuk pengemudi saja di sebelah kiri, walaupun ada hook-nya.

Pakai Air Circulator, Ruang Lebih Lega

Di bagian belakang kursi depan terdapat kantong – kantong kecil di sisi atas untuk smartphone yang ditemani 2 colokan USB Type C. Di baris kedua, tak ada armrest sama sekali walaupun ada 3 buah headrest yang proper. Doortrim baris kedua sudah tak ada bahan fabric, namun masih ada bottle holder dan juga sun shade. Oiya, yang menarik, All New Toyota Sienta menggunakan air cilculator yang bentuknya sekilas mirip milik Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Nah, kalau ini baru air circulator, kalau di LMPV Korsel itu memang AC kok. Jangan misleading lagi ya. FYI, di generasi – generasi sebelumnya dari Toyota Sienta memang tak ditemukan ada double blower. Wajar karena Jepang adalah negara 4 musim. Oiya, Toyota juga mengklaim telah meningkatkan beberapa poin di kabin belakang mobil ini.

Pertama, tinggi ruang kabin bertambah 20mm. Kedua, panjang ruang kabin bertambah 80mm sehingga baris keduanya lebih lega. Toyota memberikan gambaran bahwa anak – anak bisa berdiri di dalam kabin All New Toyota Sienta, dan keranjang belanjaan bisa diletakkan di lantai baris kedua. Toyota juga menambah lebar bukaan pintu sliding-nya mencapai 60mm. Sensor kaki di PSD? ada juga. Untuk bagasi, All New Toyota Sienta juga diklaim memiliki ruang bagasi yang lebih tinggi 20mm dengan bukaan pintu bagasi yang naik 15mm. Lantas, bagaimana dengan mekanisme pelipatan kursi baris ketiganya? Masih sama, yaitu model dive in ke bawah bangku baris kedua. Dan untungnya, kursi baris keduanya bisa dilipat rata lantai.

Oiya, All New Toyota Sienta dijual dengan opsi 5 ataupun 7 penumpang saja. Tak ada opsi captain seat. Mungkin hanya konsumen di Indonesia yang butuh opsi captain seat untuk level ini. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: