Motor Listrik Ini Tenaganya Lebih Gede dari Fortuner!

by  in  Berita & International & Motor Listrik
Motor Listrik Ini Tenaganya Lebih Gede dari Fortuner!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring gelombang elektrifikasi menyapu dunia otomotif, banyak ciptaan baru yang muncul ke permukaan. Kita sudah melihat supercar listrik, hypercar listrik, off-roader listrik bahkan hingga truk listrik. Kancah roda dua juga tak kalah canggihnya dengan roda empat. Masih ingatkah dengan motor-motor listrik bertenaga besar seperti Zero Motorcycles atau bahkan LiveWire besutan Harley-Davidson?

Triumph, pemain sepeda motor asal Inggris juga tak ingin ketinggalan kereta. Mereka ingin memperkenalkan sebuah motor listrik kencang bermodel naked. Untuk memuluskan rencana mereka, Triumph bermitra dengan Williams Advanced Engineering. Nah, proyek ini dikenal dengan kode TE-1 dan tahap terkini, mereka berhasil membuat mesin listrik untuk motor yang tenaganya lebih besar daripada sebuah Toyota Fortuner. Wuih…

Bertenaga tapi Ringan

Lebih tepatnya, mesin listrik rancangan Williams dan partner mereka, Integral Powertrain ini bertenaga 174 hp. Bobot keseluruhan sistemnya pun tergolong ringan, yakni hanya 10 kg saja. Penemuan motor listrik ini berarti mereka sudah menyelesaikan dua tahap pengembangan, sementara total proyek TE-1 ini terdiri dari empat tahap. Baterainya diklaim akan berkapasitas sekitar 15kWh dan ditempatkan di posisi yang biasanya jadi tangki bensin motor.

Baterai ini juga diklaim sanggup dipakai ngebut di sirkuit tanpa masalah overheating, namun tenaga yang tersalurkan secara kontinyu akan dikurangi jadi 121 hp untuk menjaga usia pakai baterai. Sketsa yang disebarluaskan menunjukkan sosok naked bike dengan desain khas Triumph, bisa dilihat dari lampu depannya. Motor gede ini juga memakai mono swing arm supaya tampilannya lebih gahar. Lubang charger motor ini tersimpan rapi di balik kondom tangkinya.

Isi Baterai Hanya 20 Menit

Sama dengan kendaraan listrik lainnya, pengisian daya motor listrik juga jadi isu penting. Williams Advanced Engineering mengklaim bahwa baterai Triumph TE-1 bisa diisi dari 0 ke 80 persen hanya dalam waktu 20 menit jika menggunakan charger 360V. Jarak tempuh saat baterai penuh belum diketahui, sebab Williams hanya bilang “terdepan di pasaran”. Bobot pun belum diketahui, tapi kami harap motor ini bobotnya tidak sampai 200 kg.

Proyek motor listrik Triumph TE-1 ini merupakan proyek dengan dana gabungan. Sebagian dana dari pemerintah Inggris, sebagian oleh pihak swasta dan beberapa perguruan tinggi seperti The University of Warwick. Sisa tahap yang belum dijalani termasuk pengujian unit tes motor listrik tersebut di dunia nyata, khususnya saat digeber di sirkuit. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: