Honda Akan Terus Menjual Model Type R Di Era Zero Emission

by  in  Berita & Honda & International
Honda Akan Terus Menjual Model Type R Di Era Zero Emission
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda menunda untuk melistriki Honda Civic Type R generasi terbaru. Mereka mempertahankan powertrain Internal Combustion yang dikatakan sebagai produk high-performance non-elektrifikasi terakhir di jajaran Eropa. Namun pada titik tertentu, aturan emisi yang semakin ketat memaksa Honda untuk segera meracik listrik sebagai penggerak produk mobil high-peformance andalannya. Kabar baiknya, heritage Type R masih akan terus berlanjut dalam format elektrifikasi.

Mempertahankan Filosofi

Hideki Kakinuma, selaku insinyur utama untuk proyek Type R memperjelas bahwa cabang yang berfokus pada performa sangat penting bagi Honda dengan mengatakan: “Tanpa Tipe R, tidak ada Honda“. Kakinuma mengakui bahwa netralitas karbon dan peraturan emisi yang ketat membuatnya sangat sulit untuk memikirkan model high-performance. Namun dia melanjutkan bahwa bagi Honda, rintangan tersebut adalah tantangan baru untuk memberikan driving experience kepada pelanggan. Beliau juga menambahkan “Ya, kami pasti akan tertarik untuk menghadirkan Type R lebih lanjut”.

Seperti dilansir Autocar, Kakinuma mengatakan: “Netralitas karbon tidak harus difokuskan pada powertrain itu sendiri. Itu dapat memiliki kemungkinan untuk mencapainya meskipun Anda mengendarai mobil dengan ICE. Jadi saya tidak akan menolak kemungkinan Type R berikutnya adalah ICE. Namun, mengingat keadaan saat ini, ini sangat tidak mungkin”. Chief engineer melanjutkan: “Tapi Type R sendiri tidak bergantung pada powertrain. Ini adalah filosofi tertentu, prinsip kegembiraan berkendara, dan itu melibatkan banyak aspek. Jika kegembiraan ini dapat diberikan dengan powertrain tertentu yang netral karbon atau agak dialiri listrik – atau teknologi yang sama sekali berbeda – ini juga dapat dibenarkan Type R.”

Tidak Akan Full-Electric?

Honda mungkin sedang menguji opsi “netral karbon” yang berbeda untuk masa depan Tipe R. tetapi masih terlalu dini bagi Honda untuk mengungkapkan lebih banyak informasi tentangnya. Dilihat dari komentar sebelumnya tentang kompatibilitas arsitektur Civic Type R saat ini dengan pengaturan plug-in hybrid, kami menduga Type R berikutnya tidak akan sepenuhnya elektrik. Bagaimanapun, jika Honda ingin menjual model Type R di Eropa, mereka harus menggunakan powertrain zero-emission pada 2035 ketika peraturan baru diterapkan.

Beberapa model ikonik dari produsen mobil yang berfokus pada performa telah dihentikan dalam beberapa tahun terakhir. Seperti Ford RS, Peugeot GTI, dan RenaultSport. Honda meyakinkan kami bahwa ini tidak akan terjadi pada Type R, mengikuti contoh VW yang akan melanjutkan model GTI dan R. Namun, sementara VW R hanya akan menggunakan EV pada tahun 2030.

Read Prev:
Read Next: