MINI Manual Driving School : Belajar Pakai Transmisi 3 Pedal

by  in  Berita & International
MINI Manual Driving School : Belajar Pakai Transmisi 3 Pedal
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tim 2 pedal atau tim 3 pedal? Kalaupun kalian tim 2 pedal, apakah kalian sudah pernah atau bisa menggunakan mobil bertransmisi manual? Perkembangan transmisi otomatis alias 2 pedal di segmen roda 4 memang cukup pesat dalam 2 dekade terakhir, termasuk di Indonesia. Dan kondisi ini membuat banyak generasi milenial ataupun Gen Z yang merasa awam dengan opsi transmisi manual. Toh dari belajar juga sudah pakai transmisi otomatis. Dan hal ini membuat MINI pun merasa ‘terpanggil’.

baca juga : Mobil Listrik MINI Tak Lagi Dirakit di Inggris, Pindah ke China

Sekolah Khusus Transmisi Manual

Baru – baru ini, MINI meresmikan sebuah sekolah khusus yang diberi nama MINI Manual Driving School. Yap, sesuai dengan namanya, sekolah yang berlokasi di BMW Performance Center di Thermal, California, Amerika Serikat ini bertujuan untuk mengajari pesertanya menggunakan transmisi manual. Sebuah hal yang unik, namun sebenarnya tidak sesimpel itu kalau kita melihat kondisi yang ada sekarang. Masifnya pengguna transmisi otomatis dan minimnya opsi transmisi manual di sejumlah brand memang membuat transmisi 3 pedal makin langka. Dan kondisi itu tentunya membuat makin sedikit orang yang bisa mengendarainya.

baca juga : MINI Hadirkan Kembali Gearbox Manual dan Varian Limited Edition

Langkah yang dilakukan MINI ini juga merupakan bagian dari program kembalinya transmisi manual ke Benua Amerika. MINI menyediakan sejumlah instruktur professional yang akan memberikan pelajaran teori terlebih dahulu di dalam kelas sebelum nantinya peserta mencoba langsung di lapangan. Ada beberapa poin yang menjadi concern pelatihan ini. Pertama adalah cara yang benar dalam penggunaan kopling, lalu belajar melakukan akselerasi, deselerasi, maupun start / stop yang halus. Setelah peserta dianggap mampu, maka mereka akan melakukan ujian yang dibatasi waktu untuk bisa lulus dari MINI Manual Driving School.

baca juga : BMW dan MINI Akan Tawarkan Interior ‘Vegan’ Mulai 2023

Sambut Generasi Baru Pengguna Manual

Dalam rilis resminya, MINI menyatakan, “Kami menyambut generasi terbaru dari para pengguna transmisi manual untuk mempertajam kemampuan mereka setelah bertahun – tahun menggunakan transmisi otomatis”. MINI juga menjabarkan alasan mereka memboyong kembali opsi transmisi manual ke pasar US. Salah satunya adalah nilai yang sudah tertanam lama di antara para pengguna MINI bertransmisi manual di masa lalu. Per bulan November 2022 ini, MINI Amerika Serikat juga telah menjual opsi transmisi 6 percepatan manual untuk MINI Cooper, MINI Cooper S, dan MINI JCW. Opsi ini menemani opsi 8 speed otomatis yang sudah ada.

baca juga : BMW Group Training Center Tangerang Selatan : Akademi Khusus Untuk BMW & MINI

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah MINI juga harus mendirikan sekolah mengemudi serupa di Indonesia? Atau pengguna manual masih cukup banyak?

Read Prev:
Read Next: