MINI Cooper Clubman Akhirnya Meluncur di Indonesia

MINI Cooper Clubman Akhirnya Meluncur di Indonesia
0  komentar
mini cooper clubman s

AutonetMagz.com – Jika pernah merasakan bagaimana MINI Cooper 5 Door yang dibuat MINI untuk memperkaya line-up Cooper, pasti merasakan ruang belakangnya tidak begitu lega untuk dihuni orang dewasa. Masih lebih baik dibandingkan Cooper 3 pintu memang, tapi andai saja bisa lebih lega. Nah, bagi maniak MINI Cooper yang masih butuh ruang di belakang karena suka bepergian ramai-ramai, coba cek dulu MINI Cooper Clubman yang belum lama ini dihadirkan di sini.

Sebelum bahas ruang belakang, ada satu hal yang terlintas di benak kami saat pertama kali mengenal Clubman, terutama soal kategorinya. Ada apa dengan mobil ini? Begini sih, mau dibilang mobil keluarga, agak kependekan, tapi kalau mau dibilang hatchback, kepanjangan bentuknya. Jadi kami simpulkan saja kalau dia ini adalah sejenis shooting brake. Secara tampilan, dia lebih mirip ke Cooper ketimbang Countryman.

mini cooper clubman

Dibanding Clubman lawas, mobil ini lebih panjang dan lebar. Jujur saja, kami tidak suka MINI Clubman yang sebelumnya karena desainnya tidak proporsional, tapi yang ini kami suka karena desainnya lebih cakep. Di Indonesia, Clubman hadir dalam 2 tipe, yang standar dan yang S. Sama seperti Cooper, versi S tampil jauh lebih sporty dan dinamis di eksteriornya, berkat bumper baru, air scoop di kep mesin dan pelek yang lebih besar.

split tailgate mini cooper clubman

Salah satu tradisi Clubman adalah split tailgate alias pintu bagasi yang terpisah membukanya, ke kiri dan kanan seperti pintu wardrobe. Unik, karena hal ini tidak ada di shooting brake lainnya. Membuka pintu ini tidak harus via handle-nya, karena bisa mengayunkan kaki di sisi bawah bumper untuk membukanya secara otomatis. Yang terbuka adalah pintu kanan dulu, dan harus mengayunkan kaki lagi jika ingin membuka pintu kirinya.

mini cooper clubman rear

Untuk menutup pintunya, ada urutan tersendiri, yakni harus menutup pintu kiri dulu, barulah yang kanan bisa ditutup, karena pengait pintu belakang kanan tertanam di pintu belakang kiri. Perlu diperhatikan juga, split tailgate seperti ini membuat visibilitas belakang Clubman jadi terbatas, terutama kalau melihat dari spion tengahnya karena ada pilar yang menghalangi kaca bagian tengah dan memperbesar blind spot.

welcome light mini cooper clubman

Sebelum masuk ke Clubman, ada logo MINI yang diproyeksikan dari spion samping yang akan menyapa kita. Interior Clubman masih identik dengan Cooper, namun di Clubman S kita mendapatkan doortrim dengan iluminasi LED yang ciamik dan bisa diatur-atur warna dan tampilannya. Pada Clubman anyar, rem parkirnya sudah elektronik, tapi hanya Clubman S yang punya jok elektrik, panoramic sunroof dan touchpad.

interior mini clubman s

Tapi ruang belakang Clubman adalah satu yang menjadi daya tarik konsumen MINI yang masih suka guyub dengan para koleganya. Ruang belakangnya jauh lebih manusiawi dan proper untuk dihuni penumpang daripada MINI Cooper 5 Door sekalipun, bisa muat 3 orang yang tidak suka memamerkan kebesarannya (baca : tidak gendut). Tidak hanya kabin belakangnya, bagasinya pun lebih lega daripada Cooper 5 Door. Wajar sih, toh dimensi Clubman juga lebih bongsor.

ruang belakang mini cooper clubman

Pilihan mesinnya ada dua, 1.500 cc 3 silinder turbo dengan 136 hp dan 220 Nm untuk tipe standar dan 2.000 cc 4 silinder turbo dengan 192 hp dan 280 Nm untuk yang S. Kami sempat test drive Clubman ini sebentar, performa serta pengendaliannya masih mirip dengan Cooper, but with less harshness. Maksudnya, Clubman ini lebih nyaman dari Cooper biasa, sehingga lebih cocok buat dipakai harian. Orang yang bukan fans MINI atau bukan enthusiast driver pun sepertinya bisa mudah menerima karakter pengendaraan mobil ini.

mini cooper s clubman

Harga off the road MINI Cooper Clubman adalah 669 juta Rupiah, sementara untuk varian S nak hingga 869 juta Rupiah, dan sekarang sudah bisa dijumpai di dealer-dealer MINI seluruh Indonesia. Bagi saya, Clubman adalah pilihan yang paling rasional jika Cooper 5 Door standar itu masih tanggung dalam hal keluasan kabin. Apa opinimu mengenai Clubman ini? Sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next:
  • sereal

    1 kata: mahal

    • Mawar

      wkwkwkwk lucu komennya.

  • Aryo Wicaksono

    lampu belakang Clubman baru kayak Rinnegan, bisa menghipnotis pengendara di belakang. :v

    • reyhan apriathama

      Drpd beli clubman mending beli CLA Shooting Brake yang lebih ikonik Clubman emg dasarnya kurang suka masih lebih pilih countryman…

      • Aryo Wicaksono

        Bentuk lebih bagus CLA shooting brake, tapi aku lebih suka pengendalian mini. Jadi gimana, dong?

        • Rockmeo

          Ambil aja subaru levorg bro dijamin lebih ok dari mini dan cla

          • Aryo Wicaksono

            ya, subaru levorg yang paling murah memang lumayan bagus, cuma kan di Indonesia lagi kasus, Gan, udah gitu CVT semua lagi.

          • farid

            Tapi sekarang ada berita kalau subaru kembali beroperasi di indonesia dan bakal memasarkan forester facelift yg dirakit di malaysia

          • Aryo Wicaksono

            wah, berita dari mana tuh? bagus deh, Gan.

          • farid

            Dari detik oto,kalau subaru kembali jualan lagi di indonesia harusnya kasus pajak yg menimpa atpm subaru udah final dan bisa jualan lagi,jadi subaru levorg ataupun wrx/wrx STi bisa masuk indonesia

          • Aryo Wicaksono

            kita lihat saja nanti di IIMS bulan depan. Mudah-mudahan aku nggak sibuk jadi bisa nonton. 🙂

          • Hillarius Satrio

            ohhh.. gw juga baca berita itu. pengen seneng sih, tapi nggak pengen terlalu excited, soalnya kasus mereka agak berat

          • reyhan apriathama

            Levorg diplot gantiin exiga dia cocok buat jd pesaing Honda Jade tp levorg desainnya lebih gampang di terima…. Harga nya ktnya bs under 500 jt…

          • Rockmeo

            Pake IU aj lah pasti bisa
            Jangan ngarepin atpm subaru indo deh
            Padahal tuh XV uda murah enak pula dibanding outlander sport dan HRV prestige
            ???

          • Aryo Wicaksono

            sabar, Gan. kalau rezeki mah nggak ke mana. XV memang lebih bagus daripada outlander dan HRV.

        • reyhan apriathama

          Kembali ke soal selera… Kalo clubman krg sreg aja soalnya harga segitu mending beli JCW sekaligus… Yang terus terang enak nya betul2 ga main2 tp emg ini niche jd kembali ke pilihan masing2

  • Ugyz

    mudah2an bukan mimpi suatu saat nanti

  • Andi

    MINI yang tidak lagi mini…

    Skrg kayanya mini ga lebih dari bmw seri 1 & 2 yg dipasangin casing ala ala bulldog face & “made in england”

    • Rafi M. P.

      Karena badan manusia makin lama makin gede makanya mobil ikutan gede juga

      • Hillarius Satrio

        badan manusia makin gede karena hidup sekarang apa2 serba otomatis, jadi makin males gerak dan makin gemuk :p

    • haikal fahmi almaidani

      Karna memang MINI sekarang berada dalam naungan BMW Group, mas.

      Apalagi jika kita melihat controller utk mengatur head unit multimedia di bagian konsol tengahnya, hampir sama persis cuma beda penamaan aja. Di BMW namanya i-Drive, sedangkan di MINI namanya MINI-Connected.

  • Levi

    Panjang amat ??

    • farid

      Kalau pengen MINI yg besar bukan yg panjang ada MINI countryman atau bisa disebut “MINI rasa SUV”

      • Levi

        Rasanya gak pantes dinamain MINI deh, lebih cocok dinamain MEDIUM,

        Kalo ada yg lbh gede lagi namanya jd LARGE ?

  • Rafli Santosa

    ditunggu video first impressionnya

  • haikal fahmi almaidani

    Kesimpulanku sederhana saja setelah baca artikel ini: ada harga, ada rupa.

    Mobil ini mahal, menurutku.
    Dan perlu perjuangan ekstra keras jika ingin memiliki mobil ini. Tapi sebanding dengan apa yg akan kita dapatkan jika kita berhasil membeli mobil ini.

    Apalagi mobil ini tergolong CBU dari Inggris.

  • ekkyfir

    Much2 better clubman yg baru, skrg pintu nya bener, kalau yg lama niru2 rx-8 dan alhasil ruang belakang sempit tp ga sesempit mini biasa
    Oiya bang hillsat untuk clubman yg baru pengendalian nya lebih bagus apa mirip2 sm yg lama? Karena pernah nyoba clubman s yg lama, agak susah ngontrol mobil nya kadang2 suka torque steer

    • Aryo Wicaksono

      torque steer gara-gara nggak pakai LSD, ya, dan semua mini udah nggak ada yang pakai LSD karena yang pesan LSD sedikit. kemungkinan besar bakal sama aja. mending pasang LSD sendiri aja, Gan.

      • ekkyfir

        Mungkin sih ya ga pake LSD…. Abis nya suka lari entah kmn steer nya