MINI Cooper Clubman Akhirnya Meluncur di Indonesia

by  in  Berita & International & Merek Mobil
MINI Cooper Clubman Akhirnya Meluncur di Indonesia
0  komentar
mini cooper clubman s

AutonetMagz.com – Jika pernah merasakan bagaimana MINI Cooper 5 Door yang dibuat MINI untuk memperkaya line-up Cooper, pasti merasakan ruang belakangnya tidak begitu lega untuk dihuni orang dewasa. Masih lebih baik dibandingkan Cooper 3 pintu memang, tapi andai saja bisa lebih lega. Nah, bagi maniak MINI Cooper yang masih butuh ruang di belakang karena suka bepergian ramai-ramai, coba cek dulu MINI Cooper Clubman yang belum lama ini dihadirkan di sini.

Sebelum bahas ruang belakang, ada satu hal yang terlintas di benak kami saat pertama kali mengenal Clubman, terutama soal kategorinya. Ada apa dengan mobil ini? Begini sih, mau dibilang mobil keluarga, agak kependekan, tapi kalau mau dibilang hatchback, kepanjangan bentuknya. Jadi kami simpulkan saja kalau dia ini adalah sejenis shooting brake. Secara tampilan, dia lebih mirip ke Cooper ketimbang Countryman.

mini cooper clubman

Dibanding Clubman lawas, mobil ini lebih panjang dan lebar. Jujur saja, kami tidak suka MINI Clubman yang sebelumnya karena desainnya tidak proporsional, tapi yang ini kami suka karena desainnya lebih cakep. Di Indonesia, Clubman hadir dalam 2 tipe, yang standar dan yang S. Sama seperti Cooper, versi S tampil jauh lebih sporty dan dinamis di eksteriornya, berkat bumper baru, air scoop di kep mesin dan pelek yang lebih besar.

split tailgate mini cooper clubman

Salah satu tradisi Clubman adalah split tailgate alias pintu bagasi yang terpisah membukanya, ke kiri dan kanan seperti pintu wardrobe. Unik, karena hal ini tidak ada di shooting brake lainnya. Membuka pintu ini tidak harus via handle-nya, karena bisa mengayunkan kaki di sisi bawah bumper untuk membukanya secara otomatis. Yang terbuka adalah pintu kanan dulu, dan harus mengayunkan kaki lagi jika ingin membuka pintu kirinya.

mini cooper clubman rear

Untuk menutup pintunya, ada urutan tersendiri, yakni harus menutup pintu kiri dulu, barulah yang kanan bisa ditutup, karena pengait pintu belakang kanan tertanam di pintu belakang kiri. Perlu diperhatikan juga, split tailgate seperti ini membuat visibilitas belakang Clubman jadi terbatas, terutama kalau melihat dari spion tengahnya karena ada pilar yang menghalangi kaca bagian tengah dan memperbesar blind spot.

welcome light mini cooper clubman

Sebelum masuk ke Clubman, ada logo MINI yang diproyeksikan dari spion samping yang akan menyapa kita. Interior Clubman masih identik dengan Cooper, namun di Clubman S kita mendapatkan doortrim dengan iluminasi LED yang ciamik dan bisa diatur-atur warna dan tampilannya. Pada Clubman anyar, rem parkirnya sudah elektronik, tapi hanya Clubman S yang punya jok elektrik, panoramic sunroof dan touchpad.

interior mini clubman s

Tapi ruang belakang Clubman adalah satu yang menjadi daya tarik konsumen MINI yang masih suka guyub dengan para koleganya. Ruang belakangnya jauh lebih manusiawi dan proper untuk dihuni penumpang daripada MINI Cooper 5 Door sekalipun, bisa muat 3 orang yang tidak suka memamerkan kebesarannya (baca : tidak gendut). Tidak hanya kabin belakangnya, bagasinya pun lebih lega daripada Cooper 5 Door. Wajar sih, toh dimensi Clubman juga lebih bongsor.

ruang belakang mini cooper clubman

Pilihan mesinnya ada dua, 1.500 cc 3 silinder turbo dengan 136 hp dan 220 Nm untuk tipe standar dan 2.000 cc 4 silinder turbo dengan 192 hp dan 280 Nm untuk yang S. Kami sempat test drive Clubman ini sebentar, performa serta pengendaliannya masih mirip dengan Cooper, but with less harshness. Maksudnya, Clubman ini lebih nyaman dari Cooper biasa, sehingga lebih cocok buat dipakai harian. Orang yang bukan fans MINI atau bukan enthusiast driver pun sepertinya bisa mudah menerima karakter pengendaraan mobil ini.

mini cooper s clubman

Harga off the road MINI Cooper Clubman adalah 669 juta Rupiah, sementara untuk varian S nak hingga 869 juta Rupiah, dan sekarang sudah bisa dijumpai di dealer-dealer MINI seluruh Indonesia. Bagi saya, Clubman adalah pilihan yang paling rasional jika Cooper 5 Door standar itu masih tanggung dalam hal keluasan kabin. Apa opinimu mengenai Clubman ini? Sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: