MINI John Cooper Works GP, Hanya 12 Unit dan Siap Direbut!

by  in Berita&Mini&Mobil Baru
MINI John Cooper Works GP, Hanya 12 Unit dan Siap Direbut!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mau MINI Cooper tapi yang kencang? Ada MINI Cooper S. Masih kurang kencang? Ada MINI Cooper JCW (John Cooper Works). Apa? Mau yang lebih kencang lagi dan harus edisi terbatas biar ada kebanggaan lebih kalau dipakai di jalan? Siap, tenang saja, sebab hari ini MINI Indonesia meluncurkan MINI John Cooper Works GP secara virtual. MINI ini bukan sembarang MINI, sebab bisa dibilang ia adalah MINI terbuas yang boleh berkeliaran di jalan raya.

Hanya diproduksi selama satu periode di tahun 2020, MINI John Cooper Works GP hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit secara global, dan Indonesia kebagian jatah 12 unit. Sistem pembeliannya adalah siapa cepat dia dapat, dan MINI Indonesia sempat mengamankan 1 unit dengan nomor urut “0075” agar pas dengan umur kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti, yakni 75 tahun.

Kidd Yam, Head of MINI Asia, dengan antusias mengucapkan, “The new MINI John Cooper Works GP adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport dan tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak. Dengan hanya 3,000 unit yang diproduksi di MINI Plant Oxford, mesin turbocharged 4-silinder 306 hp memungkinkan model dua kursi ini melesat dari 100 km/jam hanya dalam 5.2 detik.”

Berbasis MINI Cooper 3 pintu, divisi balap JCW menyulapnya menjadi hot hatchback paling pedas yang bisa terbayangkan. Teknologi suspensi yang dikonfigurasi berdasarkan keahlian John Cooper Works di dunia Motorsport resmi ditanamkan, begitu pula rigiditas ekstra dan pengurangan bobot mobil yang diikuti dengan aerodinamika level baru. Unit yang kita lihat dilabur warna Racing Grey Metallic dengan aksen merah yang dinamai Chilli Red.

Pelek alloy ringan palang empat dan roof spoiler yang seolah terputus di tengah adalah ciri-ciri untuk membedakan MINI JCW GP dengan MINI lainnya. Pada bagian interior, kita akan mendapatkan panel instrumen full digital yang menjadi tren MINI baru, bisa dilihat di Cooper elektrik. Beberapa bagian di mobil ini seperti garis tengah di arah jam 12 setir, nomor seri produksi, paddle shift dan lain-lain dibuat menggunakan cetak 3 dimensi alias 3D printing, sama seperti komponen atap lipat BMW i8 Roadster.

Jok bucket yang memeluk erat sudah pasti jadi standar, dan karena ini adalah sebuah hot hatchback, dua kursi belakang dibuang dan diganti dengan performance bar yang menambah level kekakuan sasis MINI JCW GP. Kap mesin MINI JCW GP yang berlubang sebenarnya melindungi sebuah mesin 2.000 cc turbo bertenaga 306 hp dan 450 Nm. Dipadukan transmisi otomatis 8 percepatan, mobil ini bisa lari dari 0-100 dalam 5,2 detik dengan kecepatan puncak 265 km/jam.

Oh ya, perbedaan mobil ini dengan mobil JCW lain seperti Countryman JCW adalah jika Countryman JCW berpenggerak AWD, MINI JCW GP ini berpenggerak FWD. Seperti yang dijabarkan sebelumnya, mobil ini edisi terbatas dan hanya 12 unit yang masuk ke Indonesia dan harganya adalah 1,5 M Rupiah. Sistemnya siapa cepat dia dapat, maka kalau terlambat, ya sudah. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: