BMW Mendekati Great Wall Untuk Bantu Produksi Mini di China

by  in Berita&BMW&International
BMW Mendekati Great Wall Untuk Bantu Produksi Mini di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kita tahu, pasar otomotif di China memang menjadi salah satu yang terbesar di dunia saat ini. Bukan sekedar banyaknya mobil yang laku di dataran China, namun terlebih lagi karena banyaknya merk mobil di sana, baik pabrikan lokal maupun pabrikan asing yang berjualan di sana. Dan tawaran pasar yang menggiurkan ini yang membuat BMW tertarik untuk berinvestasi di China.

Investasi BMW di China sendiri bukan untuk memproduksi mobil -mobil mereka ataupun mengembangkan penelitian untuk pasar China secara khusus, melainkan mengenai anak perusahaan mereka Mini. Selama ini para konsumen di China masih memiliki kultur yang lekat di masyarakat bahwa mobil bisa menunjukkan status sosial seseorang, dan kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk – produk Mini dengan lebih efisien, secara produk – produk Mini memang cukup ikonik.

Lalu bagaimana bisa memasarkan Mini dengan efisien dan efektif? Mudah, rakit saja produk – produk Mini di China yang kita tahu memiliki ongkos produksi yang lebih ringan dibandingkan dengan di Eropa. Dan BMW nampaknya memang berpikir ke arah sana dengan mendekati salah satu pabrikan lokal China, Great Wall. Ya, salah satu pabrikan lokal terbesar di China ini sedang dijajaki sebagai pihak yang akan memproduksi produk – produk Mini secara outsource. Dan tak hanya memproduksi produk Mini untuk pasar China, Great Wall juga diprediksi akan memproduksi mobil Mini untuk pasar ekspor.

Dan jika hal ini benar – benar terjadi, maka ini akan menjadi tonggak sejarah baru dimana akhirnya produk Mini diproduksi diluar benua Eropa. Selama ini produk – produk dari Mini sendiri diproduksi di pabrik perakitan mereka di Oxford, Inggris maupun di Born, Belanda dan di Jerman. Sedangkan untuk BMW sendiri, jika nantinya berkolaborasi dengan Great Wall, maka Great Wall akan menjadi partner kedua dari BMW setelah sebelumnya menggandeng Brilliance. Sedangkan untuk Great Wall sendiri, pabrikan ini belum berkolaborasi dengan pabrikan asing manapun sebelumnya.

Sebenarnya kolaborasi ini bisa menjadi win win solution untuk kedua pihak. Di satu sisi BMW perlu resources untuk membawa Mini lebih dekat ke pasar China dan Asia, di sisi lain Great Wall pun punya impian untuk membuat sebuah fasilitas produksi di luar China, alias Go International. Dengan kolaborasi ini, Great Wall bisa memanfaatkan BMW dengan Mini sebagai batu loncatan untuk memperbesar kapabilitas mereka di pasar Internasional. Bagaimana jika menurut kalian? yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: