Mazda Iconic SP Bakal Jadi Next Gen MX-5 Atau RX Series?

by  in  Berita & International & Japan Mobility Show
Mazda Iconic SP Bakal Jadi Next Gen MX-5 Atau RX Series?
0  komentar

Tokyo, AutonetMagz.com – Hadirnya sosok Mazda Iconic SP di Japan Mobility Show (JMS) 2023 kemarin memang terbilang sukses mengundang decak kagum. Terutama bagi para pecinta mobil sport. Bagaimana tidak, mobil ini tampil cantik dengan lekuk body yang berani dan warna viola red yang menyala. Nah, pertanyaan terpentingnya, apakah Iconic SP akan menjadi next gen Mazda MX-5?? Atau malah bakal menjadi Mazda RX reborn berkat penggunaan mesin rotary? Yuk kita bahas di artikel ini.

GM Design Mazda Buka Suara

Di sela-sela press day JMS 2023 kemarin, tim AutonetMagz mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan Masashi Nakayama, General Manager of Design Mazda Motor Corp (MMC). FYI, beliau juga adalah orang yang memainkan peran penting pada desain MX-5 sejak generasi kedua hingga sekarang. Nah, kami pun menanyakan mengenai banyaknya signature design atau mungkin juga historical design yang kami temukan di Iconic SP. Mulai dari penggunaan lampu pop up, bentuk kap mesin yang rendah, mesin rotary, hingga bentuk kaca belakang dan lampu belakang yang mirip dengan RX series di masa lalu.

Nakayama-san memaparkan bahwa Mazda sebenarnya memang selalu memiliki ciri desain khusus yang mereka terapkan di jajaran mobil sport mereka. Mungkin, ini semacam hoffmeister kink di BMW. Nakayama-san mengajak kami untuk mundur ke masa Mazda Cosmo Sport, lalu ke masa Mazda RX-7 FC, hingga ke masa Mazda RX-7 FD. Beliau menggambarkan sisi samping dari setiam mobil, dan memperlihatkan bentuk pilar B dari setiap mobil sport Mazda di masa lalu itu. Dan di sana, ada konsistensi desain yang dipertontonkan oleh Mazda, dimana pilar tersebut memiliki desain yang clean dan minim sambungan. Hal yang sama, kita temukan juga di Iconic SP.

Poin Penting : DNA Design Mazda

Nakayama-san menyatakan bahwa biasanya akan ada sambungan di bagian tersebut, dan pabrikan mobil pada umumnya akan mengakali dengan menghilangkan kesan sambungan itu. Tapi mereka tak melakukan hal tersebut. Alih-alih, mereka justru mendesain sedemikian sehingga kesan clean tanpa sambungan itu bisa diraih. Dan itulah DNA desain mobil sport Mazda menurut Nakayama-san. Beliau juga menyatakan bahwa lampu pop up di Iconic SP juga terinspirasi dari MX-5 NA dan RX Series yang pada masa itu populer. Saat ini, lampu jenis ini memang terkendala regulasi safety, terutama jikalau mengalami crash dengan pedestrian.

Walaupun begitu, Nakayama-san menyatakan bahwa peluang menggunakan lampu pop up masih terbuka lebar. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang, nampaknya faktor regulasi tidak akan jadi masalah yang serius. Hanya saja, beliau menyebutkan bahwa faktor terpenting adalah konsumen. Apakah konsumen mau mobil Mazda menggunakan lampu pop up lagi? atau malah tidak? Menurut Nakayama-san, bukan hal yang susah bagi mereka untuk mewujudkannya jikalau memang konsumen berharap begitu. Dan kesimpulannya, apakah Iconic SP akan menjadi next gen MX-5 atau malah akan menjadi RX reborn?

Jadi Next Gen MX-5 atau RX Reborn?

Tentunya beliau tidak menjabarkannya, dan menyuruh kami bersabar hingga kejutannya tiba. Kami pun mengumpulkan serpihan-serpihan informasi penting mengenai cue design Iconic SP yang condong ke MX ataupun RX. Condong ke MX karena wajah depannya yang memang cocok untuk menjadi next gen MX-5, dan kenyataan bahwa saat ini MX-5 adalah satu-satunya mobil sport yang diproduksi Mazda. Namun, secara desain, lampu pop up, bentuk pilar B, bentuk kaca belakang, hingga lampu belakang, plus mesin rotary cukup mengingatkan kami pada RX series. Jadi, kemungkinan keduanya masih terbuka lebar.

Spesifikasi Condong ke RX!

Spec wise, Iconic SP punya dimensi 4,180mm × 1,850mm × 1,150mm. Sebagai pembanding, MX-5 ND memiliki dimensi 3.915mm x 1.730mm x 1.235mm. Sedangkan RX-7 FD punya dimensi 4.285mm x 1.760mm x 1.230mm. Lebih mirip mana?? Kami sih condong ke dimensi RX series. Sedangkan wheelbase Iconic SP adalah 2.590mm, sedangkan MX-5 ND hanya 2.310mm diikuti RX-7 FD di 2.446mm. Perkara bobot juga jadi hal menarik, dimana Iconic SP memiliki bobot 1.450 kg, sedangkan MX-5 ND hanya 1.080 kg dan RX-7 FD di 1.340 kg. Dan terakhir, tenaga Iconic SP mencapai 370 PS yang menurut kami sebenarnya merupakan domain dari RX series, bukan lagi MX-5.

Hanya saja, kejutan masih sangat mungkin terjadi. Bisa saja malah Iconic SP akan jadi seri baru diluar MX dan RX. Kita tunggu saja kejutannya. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: