Mazda Iconic SP Concept : Sportcar Cantik Pakai Rotary!

by  in  Berita & International & Japan Mobility Show
Mazda Iconic SP Concept : Sportcar Cantik Pakai Rotary!
0  komentar

Tokyo, AutonetMagz.com – Kalau kita lihat arus perkembangan otomotif global, hampir semua brand berlomba-lomba untuk mengembangkan mobil berteknologi EV dengan form factor SUV atau crossover. Mazda pun sebenarnya juga sudah memiliki produk serupa lewat Mazda MX-30 EV. Namun, bukan Mazda namanya kalau tidak memberikan kejutan. Pasca kejutan mereka dengan mesin inline 6, kini Mazda kembali mengejutkan publik dengan memperkenalkan Mazda Iconic SP Concept. Mobil apa itu? Yuk kita bahas.

Mazda Usung Produk Ikonik di JMS 2023

Dalam gelaran Japan Mobility Show (JMS) 2023 kemarin, Mazda memiliki konsep yang terbilang unik dan berbeda ketimbang brand lain. Tak seperti brand lain yang memajang banyak line up mereka, Mazda malah terlihat fokus pada 1 model saja yaitu mobil ikonik mereka, Mazda MX-5. Mobil yang dikenal dengan nama Mazda Roadster di Jepang ini dihadirkan dalam sejumlah konsep yang berbeda. Mulai dari unit Mazda MX-5 gen 1 berkode NA di bagian terdepan, diikuti Mazda MX-5 2024 yang baru akan dijual awal tahun depan, Mazda MX05 versi miniatur untuk anak-anak, Mazda MX-5 SeDV untuk disabilitas dan Mazda Iconic SP Concept sebagai gambaran mobil sport masa depan mereka.

Mazda Iconic SP : Gabungan MX & RX?

Kali ini kita akan spesifik membahas Mazda Iconic SP Concept yang notabene merupakan wujud nyata dari Mazda Vision Design Study yang muncul tahun lalu. Secara bentuk, Mazda Iconic SP tampil memukau publik dengan form factor-nya sebagai mobil sport yang kompak namun cantik. Warna Viola Red-nya dipadukan dengan panggung yang proper sehingga lekuk body mobil ini pun terlihat dengan baik. Di bagian depan, Mazda Iconic SP tampil dengan lampu depan bentuk pop up yang sipit nan mungil. Dipadukan dengan grille Kodo Design generasi terbaru yang penempatannya cukup rendah, sehingga moncong depan mobil ini nampak sloping.

Secara desain depan, sebenarnya sentuhan Mazda Iconic SP cukup mengingatkan kami pada Mazda MX-6 ND. Namun, di saat yang sama, kami juga merasakan aura desain ala Mazda RX-7 FD dengan kap depan yang sloping serta lampu pop up-nya. Fakta lain yang menarik, Mazda Iconic SP menggunakan dua rotor rotary yang kemungkinan besar akan digunakan untuk membantu teknologi EV yang ditanamkan di mobil ini. Yap, peluang mesin rotary menjadi Range Extender sangat terbuka di mobil ini. Geser ke bagian samping, Mazda Iconic SP memiliki lekuk body yang bisa dikatakan aduhai. Mazda nampak tak malu-malu memperlihatkan kaki-kaki yang berotot dan lekuk fender depan belakang yang nampak striking.

Pintu sampingnya dibuat model terbuka ke atas atau butterfly door, dan tak terlihat ada spion di sisi sampingnya. Alih-alih, ada kamera kecil yang posisinya di dekat pilar A mobil. Satu hal yang langsung mengingatkan kami pada Mazda RX Series adalah pilar B mobil ini yang dibuat menyambung ke atap dan fender tanpa adanya patahan ataupun sambungan sama sekali. Yap, ini adalah desain signature Mazda yang nampak menjadi pesan tersirat di Mazda Iconic SP. Sedangkan di bagian belakang, Mazda Iconic SP menggunakan kaca belakang yang lagi-lagi mirip dengan Mazda RX series. Dipadukan dengan lampu belakang model membulat yang minimalis namun juga elegan. Logo Mazda digantikan dengan tulisan yang bisa berpendar.

Interior Sporty & Sustainable

Masuk ke dalam kabinnya, Mazda Iconic SP menawarkan kesan sporty yang dipadukan dengan konsep sustainable. Mazda menggunakan bahan Bio Material mereka yang 100% menggunakan flax fiber. Secara desain, interior Mazda Iconic SP juga mengesankan aura sporty yang kental. Setirnya dibuat model flat bottom dengan tulisan Mazda di bagian tengah alih-alih logo. Setir palang 3 ini memadukan warna hitam dengan biru yang terlihat kontras. Kami langsung salfok dengan bentuk panel instrumennya yang nampak sporty, berukuran besar, dan kesannya sangat driver oriented. Kami pun curiga bahwa panel instrumen ini di-mount ke area setir sehingga akan bergerak mengikuti perubahan posisi setirnya.

Desain dashboard Mazda Iconic SP sendiri terbilang cukup minimalis, namun dengan bentuk high dashboard. Ada sentuhan ala Takumi nuri di bagian ini berupa jahit-jahitan berwarna merah yang lagi-lagi terlihat kontras dengan bahan flax fiber berwarna birunya. Overall, Mazda Iconic SP menampilkan visi masa depan dari mobil sport Mazda yang mana kalau sentuhan-sentuhan ini diaplikasikan ke versi masspro, maka akan jadi kejutan yang besar. Mazda Iconic SP memiliki dimensi panjang 4.180mm, lebar 1.850mm, dan tinggi 1.150mm. Wheelbase-nya 2.590mm dengan bobot 1.450 kg. Mazda mengklaim bahwa tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan Mazda Iconic SP adalah 370 PS dengan power to weight ratio di angka 3,9.

Mazda Pakai Mesin Rotary Lagi?

Penggunaan mesin rotary di Mazda Iconic SP juga diklaim memberikan center of gravity yang lebih baik dan distribusi bobot 50:50. Penggunaan mesin ini juga memberikan sumbangsih besar mengapa desain depan mobil ini bisa sloping. Oiya, Mazda Iconic SP bisa menggunakan bahan bakar ramah lingkungan seperti hidrogen. Selain itu, Mazda Iconic SP juga bisa digunakan sebagai genset untuk menyuplai listrik guna kebutuhan diluar berkendara. Yap, mobil ini punya fitur V2L. “Mazda akan selalu menghadirkan kendaraan yang mengingatkan orang mengenai mobil yang memberikan kesenangan yang murni dan sangat dibutuhkan untuk menginspirasi pengalaman mobilitas berkendara” ujar Masahiro Moro, Presiden dan CEO Mazda.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: