Mazda CX-5 2022 : Facelift Terakhir Sebelum Ganti Generasi?

by  in Berita&International&Mazda
Mazda CX-5 2022 : Facelift Terakhir Sebelum Ganti Generasi?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari lalu, sempat muncul sejumlah bocoran foto dari Mazda CX-5 yang menggunakan wajah depann yang sedikit berbeda. Kala itu kami menduga bahwa Mazda CX-5 yang foto – fotonya bocor adalah unit asal China dan akan dijual domestik disana. Namun ternyata sosok Mazda CX-5 tersebut adalah versi global yang akan dijual di seluruh pasar Mazda. Oleh karenanya, mari kita bahas ubahan – ubahan apa saja yang telah dilakukan Mazda pada sosok Mazda CX-5 2022 ini. Cekidot.

Wajah Makin Kalem, Minim Ornamen

Secara tampilan, sosok Mazda CX-5 2022 bisa dikatakan berubah secara minor. Ubahan paling terasa ada pada bentuk grille, bumper depan, dan lampu depannya. Grille khas bahasa desain Kodo yangbeberapa tahun terakhir digunakan pun sudah berubah. Tak ada lagi ornamen krom di area lampu, baik atas maupun bawah. Jadi, grille krom-nya kini berhenti persis di bawah lampu utama. Alhasil, lampu utama kini terlihat lebih besar dan lebar. Oiya, culster lampu utamanya juga berubah berkat penggunaan ornamen yang sedikit mengotak untuk LED DRL-nya. Bentuk ini mengingatkan kami pada lampu – lampu milik BMW. Sedangkan bumper depannya kini menjadi sangat polos, tanpa foglamp, tanpa oranmen krom, dan hanya mesinysakan corner sensor serta headlamp washer. Sedangkan sisi belakangnya juga sama, dimana lampu belakang kini memiliki detail cluster yang berbeda.

Kini lampu belakangnya membawa LED bar model L-Shape, mirip mobil – mobil VW. Jujur, kami lebih suka lampu belakang model lawas yang menunjukkan identitas Mazda yang kuat. Sedangkan bumper belakangnya juga sama dengan sisi depan, terlihat minimalis walaupun dihiasi ornamen berwarna silver. Mazda CX-5 2022 juga mendapatkan warna baru dengan nama Zircon Sand. Ubahan lain yang tak kalah penting ada pada interior. Mazda CX-5 2022 kini mendapatkan Qi Wireless Charging yang sebenarnya juga sudah dimiliki oleh model – model Mazda lainnya. Selain itu, Mazda CX-5 2022 juga dibekali dengan Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yang akan memberikan sejumlah opsi berkendara untuk pengemudi. Opsi yang ditawarkan antara lain adalah mode offroad yang hanya bisa diakses pada varian AWD. Sedangkan sistem infotainment berukuran 10,25 inci sebenarnya sudah ada di versi minor change sebelumnya, hanya saja belum kita jumpai di pasar Indonesia.

Ubahan Di Spesifikasi & Kelengkapan

Itu sajakah ubahan di Mazda CX-5 2022? Yap, untuk yang kasat mata. Namun, Mazda juga memberikan sejumlah improvement pada mobil ini, walaupun tak terlihat. Mazda mengaplikasikan teknologi SkyActiv-Vehicle Architecture yang diterapkan di Mazda 3 pada mobil ini. Alhasil, bodyshell dan jok milik Mazda CX-5 2022 kini berbeda. Jok di mobil ini diklaim mampu mengurangi rasa lelah. Selain itu, Mazda CX-5 2022 diklaim mampu meredam road noise dengan lebih baik, walaupun sednag berjalan di jalanan yang jelek. Suspensi juga mendapatkan perlakuan khusus dari Mazda, sehingga memiliki kualitas peredaman kejut yang lebih baik. Belum selesai, Mazda CX-5 2022 juga diklaim memiliki rangka yang lebih rigid dari versu terdahulu. Dan khusus untuk pasar US, seluruh Mazda CX-5 2022 akan dipasarkan dengan opsi AWD. Jadi, varian FWD telah resmi pensiun di Negeri paman sam. Varian mesin 2.500cc SkyActiv-G dan 2.500cc SkyActiv-Turbo akan menjadi opsi untuk Mazda CX-5 2022. Sedangkan varian 2.000cc n/a dan 2.200cc turbo juga masih ada.

Terakhir, untuk urusan safety, Mazda CX-5 2022 mendapatkan update berua new Cruising & Traffic Support (CTS) yang akan membantu pengendara berakselerasi dan deselerasi di kemacetan. Adaptive LED Headlight di mobil ini juga sudah ditingkatkan kualitasnya. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: