Maruti Suzuki Invicto : Kembaran Innova Zenix Dengan Nafas India

by  in  Merek Mobil & Mobil Baru & Suzuki
Maruti Suzuki Invicto : Kembaran Innova Zenix Dengan Nafas India
0  komentar

AutonetMagz.com – Kerjasama antara Maruti Suzuki dan Toyota Kirloskar Motor memasuki babak baru, dimana keduanya akan kembali berbagi produk dan teknologi bersama. Jika sebelumnya kebanyakan produk kerjasama berasal dari Maruti Suzuki, maka kini ceritanya terbalik. Toyota Kirloskar Motor akan menyuplai unit Suzuki Invicto alias kembaran Toyota Innova HyCross untuk dipasarkan oleh Suzuki di India. Jadi Fix, namanya adalah Suzuki Invicto bukan Suzuki Engage seperti yang santer dikabarkan sebelumnya.

Pertama Kali Maruti Suzuki Rebadge Toyota

Maruti Suzuki telah mulai membuka keran pemesanan untuk Suzuki Invicto di jaringan diler premium mereka, Nexa. Jadi jelas, Suzuki Invicto akan masuk dalam jajaran produk flagship Maruti Suzuki sekaligus menjadi MPV termahal dan terbesar yang dipasarkan oleh Suzuki saat ini. Sedangkan penjualan resmi untuk Suzuki Invicto baru akan dimulai di tanggal 5 Juli 2023 mendatang. Sama seperti saudara Toyota-nya, Suzuki Invicto nantinya akan ditawarkan dengan 2 tipe kursi yaitu 7 seater dengan captain seat dan 8 seater dengan bench seat. Oiya, Suzuki Invicto juga menjadi produk pertama Suzuki yang di-rebadge dari Toyota sejak keduanya bekerja sama.

Nampaknya, tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara Suzuki Invicto dengan Toyota Innova HyCross ataupun Toyota Innova Zenix yang kita kenal. Jikalau ada perbedaan, hanya mencakup perihal kosmetik belaka seperti desain bumper, velg ataupun grille-nya. Pun begitu untuk urusan mesin yang akan digunakan. Suzuki Invicto juga akan menggunakan opsi mesin lansiran Toyota yaitu mesin M20A-FKS 2.000cc naturally aspirated dan mesin M20A-FXS 2.000cc Hybrid. Berhubung fitur yang ditawarkan juga mirip versi Toyotanya, maka Suzuki Invicto juga akan mendapatkan sistem ADAS yang serupa dengan TSS. Dan ini menjadi momen pertama kalinya mobil Maruti Suzuki punya teknologi ADAS.

Dirakit di Pabrik Toyota, Jadi Suzuki Termahal!

Sama seperti Toyota Innova HyCross, Suzuki Invicto akan dirakit di pabrik milik Toyota Kirloskar Motor yang berlokasi di Bidadi, Karnataka. Kalau melihat skema harga dari Toyota Innova HyCross yang start mulai 1.855.000 Rupee atau setara 340 jutaan Rupiah hingga 2.999.000 Rupee atau setara 550 jutaan Rupiah, maka jelas Suzuki Invicto akan jadi produk termahal dari Maruti Suzuki. Sebagai gambaran, produk termahal Suzuki di Nexa Experience bukanlah Suzuki Jimny melainkan Suzuki Grand Vitara Hybrid (Bukan Smart Hybrid tapi hybrid Toyota) dengan 1.979.000 Rupee atau setara 362 jutaan Rupiah. Lantas, apakah Suzuki Invicto akan diboyong ke Indonesia? Lupakan ide itu, mustahil.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: