Suzuki XL6 Dirilis Resmi di India, Mulai 195 Jutaan Rupiah!

Suzuki XL6 Dirilis Resmi di India, Mulai 195 Jutaan Rupiah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah cukup lama diberitakan dan juga dicari – cari informasinya, kini sosok Maruti Suzuki XL6 telah resmi diperkenalkan di Negeri asalnya, India. Maruti Suzuki XL6 sendiri akan mengisi segmen yang sama yang diisi oleh Honda BR-V di India, yaitu sebuah crossover yang dibangun dari basis MPV kompak. Lantas, apa saja yang diusung oleh Maruti Suzuki XL6 yang membedakannya dari Suzuki Ertiga selain tampangnya? Cekidot.

Jadi, pertama kami akan membahas ulang desain dari mobil ini. Sebelumnya, kami juga sudah beberapa kali membahas perihal desain mobil ini dari bocoran – bocoran yang beredar. Cukup mudah membedakan Maruti Suzuki XL6 dengan Suzuki Ertiga, karena keduanya memiliki wajah yang berbeda. Maruti Suzuki XL6 tampil dengan wajah yang lebih tough, dan bisa dibilang sama sekali berbeda dengan Suzuki Ertiga. Maruti Suzuki XL6 menggunakan lampu baru yang lebih lebar dan mengotak, yang juga sudah menggunakan LED model reflektor. Di lampu utamanya ini juga terdapat LED DRL dengan bentuk horisontal.

Selain itu, grille dari Maruti Suzuki XL6 juga berbeda jauh dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Grille-nya lebih simpel, dengan bilah horisontal di sisi tengah yang dibuat bak menyambung dengan LED DRL di sisi kanan dan kiri. Sedangkan bumper depannya dibuat lebih kekar dengan aksen berwarna hitam yang mengelilingi lampu kabutnya, dan juga hadirnya skid plate berwarna silver di sisi tengah. Pindah ke sisi samping, Maruti Suzuki XL6 masih sangat bernuansa Suzuki Ertiga. Yang berbeda hanyalah hadirnya add on body berwarna hitam di fender depan, sisi samping, fender belakang hingga ke sisi belakang mobil.

Selain itu, velg yang digunakan di Maruti Suzuki XL6 ini masih sama seperti Suzuki Ertiga versi sebelum minor change di Indonesia, hanya saja dilabur warna hitam. Spionnya dilabur warna hitam, ada roof rail, dan ada aksen berwarna silver di side skirt-nya. Pindah ke sisi belakang, Maruti Suzuki XL6 masih tetap mempertahankan buritan ala Suzuki Ertiga, hanya saja dengan sejumlah ubahan. Pertama, bumper belakangnya kini memiliki reflektor berbentuk vertikal, dan juga ornamen berwarna hitam dan silver yang menampilkan kesan lebih gagah. Diantara lampu belakangnya diberi ornamen krom, dan bagian bagasi di sisi atas lampu tersebut dilabur warna hitam.

Oiya, lampu belakangnya juga masih mirip, walaupun detail di dalam lampu mobil ini sudah berbeda. Sala satunya adalah bentuk LED bar-nya dan lampu belakang yang sudah menggunakan LED. Masuk ke sisi dalam, interior dari Maruti Suzuki XL6 juga masih sama persis dengan Suzuki Ertiga. Mulai dari bentuk dashboard, setir, panel instrumen, kontroler AC, dan doortrim. Interiornya dibalut warna hitam seperti Suzuki Ertiga Suzuki Sport di Indonesia, yang berbeda ada pada penggunaan ornamen bermotif kayu yang juga berwarna gelap dengan tepian berwarna silver. Oiya, perbedaan masif lain pada Maruti Suzuki XL6 adalah hadirnya bangku baris kedua model captain seat.

Selain itu, sistem infotainment dari Maruti Suzuki XL6 juga sudah menggunakan SmartPlay Studio Touchscreen yang mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Nah, untuk fitur, Maruti Suzuki XL6 mendapatkan dual airbags, ABS, EBD, HSA (Untuk tipe AT), ESC(Untuk tipe AT), keyless entry, dan cruise control. Sedangkan untuk trim tertinggi, ada tambahan kelengkapan seperti kamera parkir, jok dan setir kulit, serta auto headlamp dengan fitur follow me home. Maruti Suzuki XL6 akan dijual di diler premium Maruti Suzuki, yaitu Nexa. Dan di India, mobil ini akan dijual dengan 2 trim, yaitu Zeta dan Alpha.

Maruti Suzuki XL6 Zeta MT sebagai varian termurah dijual dengan banderol 979.689 Rupee atau setara 195 jutaan Rupiah. Sedangkan Maruti Suzuki XL6 Alpha AT sebagai trim tertinggi dijual dengan banderol 1.146.189 Rupee atau setara dengan 228 jutaan Rupiah. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Maruti Suzuki XL6 ini? Apakah kalian setuju jika Suzuki Indomobil Sales menjual mobil ini? Kabarnya memang mobil ini juga akan mampir ke tanah air lho.

Read Prev:
Read Next: