3 Maret 2017, Suzuki Baleno RS akan Meluncur di India

3 Maret 2017, Suzuki Baleno RS akan Meluncur di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Apabila sebagian dari anda adalah penggemar pabrikan Suzuki, maka bisa dipastikan anda adalah penggemar yang cukup update berita otomotif. Buktinya anda sedang membaca berita ini. Dan anda pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya Suzuki Baleno. Sedan kompak yang muncul pada pertengahan tahun 1990’an dan cukup menarik perhatian publik tanah air. Seiring berjalannya waktu, unit 1600cc berubah menjadi 1500 cc, dan mendapatkan versi All New dengan label Baleno Next-G di tahun 2003, dan Neo Baleno pada tahun 2007. Kini Maruti Suzuki India menghadirkan kembali Baleno yang telah berinkarnasi menjadi hatchback, bukan sedan seperti generasi pendahulunya. Suzuki pun tak hanya menghadirkan versi standarnya saja, namun memberi satu pilihan veri yaitu versi RS.

Sebenarnya informasi tentang Baleno RS bukan hal baru. Karena sudah ada bocoran – bocoran tentang munculnya versi RS untuk Baleno seperti artikel kami berikut ini. Kehadiran yang sempat tertunda – tunda akhirnya menemui titik terang. Pada 3 maret 2017 mendatang, Maruti Suzuki akan meluncurkan versi RS dari Baleno. Mari kita lihat apakah trim RS ini sungguh – sungguh menyuguhkan peforma, atau hanya sekedar nama saja, yang sering diplesetkan menjadi Rada Sport pada merk lain.

Dari luar, anda akan menemui tampilan sporty menurut suzuki dengan penggunaan velg yang dilabur warna baru, bumper depan dan belakang baru, dan penggunaan beberapa lis chrome. Terus terang perubahan ini tak terlalu menggugah terlebih dengan ekspektasi penggunaan nama RS. Baiklah, kalau begitu mari kita lihat apa yang ada di balik kap mesinnya. Mesin 998cc 3 silinder Boosterjet disematkan pada Baleno RS ini. Suzuki yang ikut larut dalam tren downsizing mengklaim mesin ini memiliki tenaga 100 HP, yang mana meleset dari spekulasi 110HP. Torsinya pun adalah 150Nm. Mungkin anda akan semakin heran, karena mesin ini terasa inferior dibandingkan mesin ecoboost Fiesta yang sama – sama berkubikasi 1000cc dengan 3 silinder. Entah bagaimana marketing Suzuki dengan melakukan manuver ini, atau memang seperti inilah karakter mobil yang disukai pasar India.

Baleno RS akan langsung berhadapan dengan VW Polo GT TSI dan Fiat Punto Abarth di India sana. Dan tentu Baleno akan jadi yang paling inferior. Baleno RS sendiri dikabarkan hanya akan dipasarkan di pasar lokal India, walaupun Maruti India telah mengekspor Baleno ke beberapa negara eropa. Bagaimana komentar anda tentang langkah unik yang diambil oleh Suzuki ini?

Read Prev:
Read Next: