Maruti Suzuki Akan Produksi 5000 Unit Jimny per Bulan

Maruti Suzuki Akan Produksi 5000 Unit Jimny per Bulan
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sudah mengabarkan bahwa pihak Maruti Suzuki telah mendapatkan lampu hijau dari prinsipal Suzuki di Jepang untuk memproduksi Suzuki Jimny. Bahkan produksi dari SUV yang catchy ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Dengan diproduksinya Suzuki Jimny di India, maka jelas pabrik Suzuki di Kozai Jepang yang selama ini menjadi satu – satunya pabrik yang memproduksi Suzuki Jimny akan tertolong. Namun seberapa banyak?

Mengutip informasi via AutoCar India, pihak Maruti Suzuki dikabarkan akan menyiapkan kapasitas produksi mencapai 4.000 unit hingga 5.000 unit per bulannya. Jadi, secara kasar setidaknya akan ada 48.000 unit hingga 60.000 unit Suzuki Jimny yang akan diproduksi setiap tahunnya di fasilitas produksi Suzuki di India. Angka tersebut sebenarnya mirip dengan kapasitas produksi Suzuki Jimny di Kozai saat pertama kali memproduksi generasi terbaru SUV ini. Jika mengacu pada informasi sebelumnya, di awal perkenalan SUV ini, pabrik Kozai mampu memproduksi 4.000 unit per bulannya. Namun, beberapa waktu lalu sempat diutarakan adanya rencana peningkatan menjadi 7.000 unit per bulan.

Namun, kalau kita perhatikan, ada perbedaan signifikan yang membuat Maruti Suzuki akan banyak menolong produksi dari Suzuki Jimny. Di Jepang, Suzuki memproduksi 2 model Suzuki Jimny, yaitu Suzuki Jimny (Kei Car), dan Suzuki Jimny Sierra. Sedangkan di India, Suzuki Jimny Sierra-lah yang akan diproduksi. Tentunya keputusan ini akan membuat pemenuhan akan kebutuhan akan Suzuki Jimny Sierra di pasar global bisa terbantu. FYI, Suzuki di Jepang mengalokasikan produksi Suzuki Jimny Sierra dengan persentase yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan versi kei car-nya. Sedangkan unit yang dipasarkan global adalah versi Sierra. Sehingga tak mengejutkan jika inden mobil ini mengular di beberapa negara.

Suzuki Jimny sendiri diketahui akan menggunakan kode YWD di India. Produksi dari Suzuki Jimny di India juga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, melainkan juga kebutuhan ekspor. Ke Indonesia juga? Bisa jadi, apalagi kita tahu hubungan Suzuki Indonesia dengan Maruti Suzuki tergolong baik, dimana saat ini masih ada beberapa model Suzuki yang diimpor dari India. Sebut saja Suzuki Ignis, Suzuki Baleno, dan juga Suzuki SX-4 S-Cross. Bisa jadi, nantinya Suzuki Jimny juga masuk dalam model yang diimpor dari India, namun dengan catatan kepastian jumlah pasokan unit yang lebih tinggi, kalau bisa.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Ada harapan khusus? Sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: