Suzuki Indonesia : Baleno RS Discontinue, Baleno Indonesia Tetap Aman

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Suzuki Indonesia : Baleno RS Discontinue, Baleno Indonesia Tetap Aman
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sudah mengabarkan bahwa sosok Suzuki Baleno RS yang memiliki tampilan lebih sporty dibandingkan versi standar sudah dihentikan produksinya di India. Langkah inipun memantik pertanyaan kami terhadap pengaruhnya ke pasokan Suzuki Baleno di Indonesia. Kok bisa? Karena Suzuki Baleno di Indonesia sendiri menggunakan styling yang sama persis dengan Suzuki Baleno RS di India, walaupun berbeda spesifikasi mesin. Lantas, apa tanggapan Suzuki Indonesia?

Kami pun mencoba menghubungi pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki di Indonesia untuk mengkonfirmasi hal ini. Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menanggapi hal ini. Beliau menyebutkan bahwa konsumen tidak perlu khawatir terkait pasokan dari Suzuki Baleno untuk pasar Indonesia. Donny menyebutkan bahwa keputusan Maruti Suzuki untuk menyuntik mati Suzuki Baleno RS tidak berpengaruh pada Suzuki Baleno di Indonesia walaupun keduanya menggunakan styling yang sama persis.

Jadi, walaupun Suzuki Baleno RS dihentikan produksinya, produksi Suzuki Baleno untuk pasar Indonesia akan terus berjalan. Sedikit flashback, sosok Suzuki Baleno RS sendiri dihadirkan pihak Maruti Suzuki sebagai varian flagship untuk model ini. Kasarnya, model ini sama seperti varian Suzuki Sport di All New Suzuki Ertiga. Varian sporty ini hadir di India pada tanggal 3 Maret 2017 silam, dan menariknya, pihak Maruti Suzuki tidak hanya memberikan diferensiasi dalam hal styling tapi juga spesifikasi mesin. Jikalau Suzuki Baleno menggunakan mesin K14B biasa yang n/a, maka Suzuki Baleno RS menggunakan mesin K10C 3 Silinder Turbo.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini memang tidaklah spesial, hanya 102 PS pada 5.500 rpm dan torsi 150 Nm pada 1.700 hingga 4.500 rpm. Tenaga itu diprasaranai dengan transmisi manual 5 percepatan yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Spesial? So – so saja, tetapi jelas lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin K14B, walau tidak sekuat tenaga K15B. Versi facelift dari Suzuki Baleno RS hadir di awal tahun 2019 silam, dimana tampilannya sama persis dengan Suzuki Baleno yang diperkenalkan di Indonesia bulan Desember 2019 kemarin. Dihentikannya produksi dan penjualan dari Suzuki Baleno RS ditengarai karena minimnya permintaan akan varian ini di India.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Tenang saja, pasokan Suzuki Baleno di Indonesia aman kok.

Read Prev:
Read Next: