Maruti Suzuki Segera Produksi Jimny, Ekspor Mulai Juni!

Maruti Suzuki Segera Produksi Jimny, Ekspor Mulai Juni!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah menyebutkan bahwa Suzuki Jimny akan segera masuk ke pasar India dan berubah nama menjadi Suzuki Gypsy. Ada peluang pihak Maruti Suzuki akan memodifikasi SUV kotak ini menjadi long wheelbase dan memiliki 5 pintu. Nah, baru – baru ini, muncul lagi kabar mengenai Suzuki Jimny di India, dimana proses produksi dari SUV yang fenomenal ini ternyata akan dimulai dalam waktu yang cukup dekat, walaupun belum jelas kapan kepastiannya.

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, pihak Maruti Suzuki nampaknya sudah mendapatkan lampu hijau untuk memproduksi Suzuki Jimny di India, sebuah hal yang sebenarnya diimpikan oleh konsumen Indonesia bisa dilakukan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS). Nah, produksi dari Suzuki Jimny sendiri dikatakan sumber akan dilaksanakan dalam waktu yang sangat dekat, dimana milestone lain yang disampaikan adalah target ekspor yang akan dimulai per bulan Juni 2020 mendatang. Kalau komoditas ekspor Suzuki Jimny oleh Maruti Suzuki bisa dilaksanakan di bulan Juni, maka bisa jadi produksinya dimulai bulan – bulan ini.

Produksi dari Suzuki Jimny di India sendiri kabarnya akan dimulai di Pabrik Gurgaon, India. FYI, pabrik Maruti Suzuki di Gurgaon sendiri merupakan rumah bagi beberapa mobil lain seperti Suzuki Ertiga, Suzuki Vitara Brezza, Suzuki XL6, Suzuki S-Cross, Suzuki Ignis, dan beberapa mobil lain. Nah, kalau kita perhatikan, 3 mobil yang kami sebutkan diatas menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Jimny, yaitu mesin K15B. Jadi, cukup masuk akal jikalau Maruti Suzuki memproduksi Suzuki Jimny di pabrik yang memproduksi model lain tapi bermesin sama. Dengan diproduksinya Suzuki Jimny di India, maka jelas pabrik Suzuki di Kozai akan sangat terbantu.

Pertanyaannya, apakah pihak Suzuki Indonesia masih akan mengekspor Suzuki Jimny dari Jepang, atau akan beralih ke produksi India? Jelas hanya pihak SIS yang bisa menjawab. Namun, jika kita melihat kedekatan SIS dengan Maruti Suzuki, tidak menutup kemungkinan pihak SIS akan mengambil unit Suzuki Jimny asal India. Apalagi, ada kemungkinan harga jual dari Suzuki Jimny produksi India bisa terkoreksi. Jikapun tidak, secara kuota bisa saja lebih tinggi dibandingkan jika bergantung pada kiriman pabrik di Kozai. Lantas, bagaimana dengan peluang produksi Suzuki Jimny yang sebelumnya sempat terbuka untuk pasar Indonesia? Kita tunggu saja perkembangannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian ikut bahagia jikalau Suzuki Jimny diproduksi di India?

Read Prev:
Read Next: