Marketshare Kecil, Mahindra Akan Ambil Alih Operasional Ford India!

by  in Berita&Ford&International
Marketshare Kecil, Mahindra Akan Ambil Alih Operasional Ford India!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih cukup segar di ingatan kita, Ford Indonesia mengambil sebuah keputusan yang mengejutkan dengan menghentikan operasional mereka di Indonesia beberapa tahun silam. Langkah tersebut bak sebuah tamparan bagi para penggemar dan konsumennya di Indonesia kala itu. Lantas, tanggung jawab 2S dari Ford Indonesia pun dialihkan ke RMA Group. Kabar terbaru, Ford nampaknya juga akan segera menyerah di pasar India, terlihat dari indikasi penyerahan operasional mereka ke Mahindra.

Sebenarnya, kerjasama antara Ford dan Mahindra bukanlah sebuah kabar baru. Kami sempat membahas kerjasama keduanya dalam beberapa artikel, termasuk platform sharing diantara keduanya. Nah, mengutip dari IndianTimes, kabarnya pihak Ford akan menyerah dengan operasional mereka di India, dan menghentikan operasional independen mereka disana. Sebagai gantinya, Ford akan mempercayakan operasional mereka di Negeri Bollywood tersebut kepada rekan mereka, Mahindra. Jadi, Mahindra akan mengurus seluruh kegiatan Ford di India, baik sales, service maupun sparepart.

Namun, untuk urusan bisnis global dan juga pabrik perakitan khusus untuk ekspor di Sanand masih akan dipegang oleh pihak Ford sendiri. Sedangkan 2 pabrik perakitan lainnya di India nampaknya juga akan dipercayakan pihak Ford pada Mahindra. FYI, Ford di India sendiri tergolong ngos-ngosan. Market share dari pabrikan asal Amerika Serikat ini di India hanya kurang dari 3%. Angka tersebut jelas berbeda jauh dengan Mahindra yang merupakan salah satu pabrikan besar di India. Mahindra dan Ford sendiri akan membentuk JV untuk mengurusi hal ini, dimana Mahindra akan memiliki 51% sahamnya.

Walaupun begitu, Ford juga masih akan memiliki wakil di sana. Lori Arpin, Juru Bicara Ford India menyebutkan bahwa akan ada entitas baru yang akan mengurus aset Ford di India, termasuk dua pabrik mereka. Lori menambahkan bahwa Ford masih akan tetap berkomitmen dengan pasar India dan juga pertumbuhannya melalui produk – produk mereka. Produk Ford juga akan terus diproduksi di India walaupun Ford tidak akan memegang kendal secara penuh terhadap operasional mereka di sana. Sebenarnya, Ford menambah panjang deretan merk Amerika yang ‘gagal’ di India.

GM sendiri telah memutuskan untuk berhenti menjual mobil mereka dan cabut dari India beberapa tahun lalu. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: