Ford Berniat Pinjam Platform Mahindra Untuk SUV Barunya

by  in Berita&Ford&International
Ford Berniat Pinjam Platform Mahindra Untuk SUV Barunya
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang tak terlalu mengikuti berita otomotif dari India, mungkin kalian akan merasa asing dengan Mahindra. Padahal, saingan Maruti di India ini sudah berkembang dengan cukup pesat, walau secara produk, desainnya masih so so. Namun secara teknologi, ternyata capaian Mahindra ini cukup menarik minat pabrikan besar lainnya.

Mahindra XUV 500 Yang dijual Saat ini

Adalah Ford yang baru – baru ini dikabarkan via India Times tengah mendekati Mahindra. Mahindra dan Ford sendiri telah memutuskan untuk membuat MoU dan menandatanganinya pada bulan September 2017 silam, dan saat ini MoU tersebut sedang berada dalam tahap final sebelum akhirnya diformalkan oleh kedua belah pihak. Lho – lho, memangnya ada apa sih? Jadi begini, kalian tentu sudah tak asing dengan aliansi – aliansi merk kendaraan bermotor kan? Aliansi Renault-Mitsubishi-Nissan, VW Group, Toyota-Daihatsu dan kawan – kawan, hingga kerajaan besar Geely. Nah, Ford sendiri menjalin kerjasama dengan Mahindra sebagai aliansinya untuk menyasar nilai tambah individual bagi kedua pabrikan ini.

Ford Escape 2017 veri Global

Nah, jika nantinya kesepakatan dalam aliansi ini sudah rampung semua, maka jelas keduanya akan memiliki akses satu sama lain pada teknologi yang dimiliki oleh kompatriotnya. Bagi Ford sendiri, salah satu agenda yang dicanangkan ketika beraliansi dengan Mahindra adalah dengan meminjam platform yang dimiliki oleh pabrikan asal India ini. Platform yang dimaksud sendiri adalah platform  dari Mahindra XUV 500 terbaru yang akan rilis di kuartal ketiga tahun ini. Produk yang akan menggunakan platform dari Mahindra ini sendiri adalah sebuah SUV C-Segment alias Medium SUV yang memiliki kode Ford W601. Namun belum jelas apakah nantinya mobil ini hanya akan menyasar pasar India, atau malah menjadi produk global dan dijual keluar India.

Mahindra XUV 500 Yang dijual Saat ini

Namun yang jelas, sebuah SUV Medium melupakan celah yang dimiliki oleh Ford India, karena pada segmen SUV, pabrikan asam Amerika ini hanya memiliki Ford EcoSport sebagai SUV kecil, dan Ford Endeavour alias Ford Everest sebagai SUV yang berukuran besar. Sedangkan untuk segmen medium SUV, Ford tak memiliki produk di India. Nah, kehadiran Ford W601 sendiri akan mengisi kekosongan tersebut, yang mana dahulu di Indonesia sempat diisi oleh Ford Escape, eh, apakah mobil ini penerus Ford Escape versi India? Bisa iya bisa tidak. Nah, selain Ford, Mahindra juga mengambil keuntungan dengan meminjam platform Ford B562 untuk sedan listrik Mahindra yang juga sedang dicanangkan.

Mahindra sendiri sebenarnya bukan pertama kali bekerja sama dengan perusahaan luar India. Pabrikan ini juga memiliki saham di Pininfarina, lalu mengakuisisi Ssangyong, dan juga memiliki saham di Peugeot Scooter. Jadi, seperti apa SUV Ford hasil kerjasama dengan Mahindra ini? Kita tunggu saja ya.

Read Prev:
Read Next: