Mantan Desainer BMW Sindir iX, Terlalu Statik?

by  in Berita&BMW
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak kemunculan M3 (G80) serta M4 (G82) yang lalu, tim desainer BMW selalu mendapatkan kritikan pedas dari orang biasa maupun penggemar pabrikan Bavaria tersebut. Bentuk kidney grille yang kontroversial selalu diserang oleh banyak khalayak, bahkan hingga menimbulkan pertanyaan mendasar di masyarakat. BMW serius? Ditambah baru-baru ini, mantan desainer BMW kembali mempermasalahkan bahasa desain pabrikan tersebut lewat kanal youtube pribadinya.

Adalah Frank Stephenson, desainer BMW X5 generasi pertama, yang bukan hanya menyerang kidney grille terbaru saja namun juga menyerang desain keseluruhan mobil BMW! Sesuai judul, korbannya adalah model iX, mobil konsep full electriccompact SUV pertama dari pabrikan yang identik dengan warna biru tersebut. Apa saja bagian yang dipermasalahkan oleh Stephenson pada mobil yang baru saja lahir ini?

Pertama pastinya adalah grille besar di fascia depan. Stephenson sendiri sudah bisa berkompromi dengan kidney grille terbaru itu, namun tetap saja proporsi grille di iX masih terlalu besar. Kedua adalah kurang tegasnya garis desain bodi yang menjalar dari depan ke belakang sehingga menurutnya mobil ini kelewat simpel. Stephenson mengerti jika bahasa desain BMW yang sekarang adalah simplisitas, namun hal tersebut membuat iX ini malah menjadi kaku.

Tidak adanya garis (desain) dapat mengubah kendaraan menjadi sesuatu yang statik. Mobil ini, menurut saya, terlihat sangat statik dari tampilan samping,” ujar Stephenson. Bahkan menurutnya, mobil ini hampir kehilangan jiwanya sebagai mobil. “Yang saya maksud bukan mengkritik sang desainer. Namun produk terlihat seperti produk dan mobil terlihat seperti mobil. Ini bukan profesi yang sama,” tambahnya.

Stephenson menceritakan bahwa desain statik atau kaku tersebut dirasa kurang tepat untuk suatu produk yang bergerak. Ia lebih menyukai kendaraan yang memang dari bentuknya saja terlihat siap untuk bergerak, seems familiar. Dalam video analisis desain iX, Stephenson melontarkan satu pertanyaan yang sangat menarik. “Jika grille tersebut dihilangkan, apakah kalian bisa mengetahui bahwa mobil ini adalah sebuah BMW?”

Walau sang mantan desainer mengkritik habis BMW iX, namun ada bagian yang ia akui keunggulannya dari mobil EV tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa dengan ukuran panjang serta lebar yang mirip X5, tinggi yang mirip X6, dan wheelbase yang mirip X7, iX akan menawarkan ruang interior yang lega di kelasnya. Itulah pandangan mantan desainer BMW terhadap model iX, bagaimana dengan pandangan kalian? Berikan opinimu terhadap BMW iX pada kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: