All New Toyota Yaris Cross Diperkenalkan, Mesin Pakai Hybrid Baru

by  in  Berita & International & Merek Mobil
All New Toyota Yaris Cross Diperkenalkan, Mesin Pakai Hybrid Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah banyak info dan rumor yang beredar mengenai Toyota Yaris Cross dalam beberapa minggu belakangan, pihak Toyota pun akhirnya memperkenalkan sub compact SUV terbaru mereka ini. Yap, All New Toyota Yaris Cross telah melakoni debut global perdananya, dan kami memiliki sejumlah informasi penting yang layak untuk kalian ketahui sebelum membeli produknya di bulan Juni mendatang. Yuk kita bahas.

Berbeda Dengan Toyota Yaris Cross Versi Global

Jadi, Toyota Yaris Cross yang diperkenalkan di Indonesia kali ini adalah model yang sepenuhnya berbeda dengan Toyota Yaris Cross yang ada di pasar Jepang, ataupun global. Toyota Yaris Cross versi Indonesia ditujukan untuk pasar negara berkembang seperti di Asia Tenggara. Secara bentuk, Toyota Yaris Cross versi Indonesia juga berbeda total dengan versi Jepang. Malahan, kami bisa katakan bahwa Toyota Yaris Cross mewarisi banyak cue design dari kakak-kakaknya yang sudah lebih dahulu muncul. Katakanlah bentuk front end yang mirip dengan Toyota Highlander, lalu side & back end yang mirip dengan Toyota RAV4. Dan ini menjadikan Toyota Yaris Cross di Indonesia cukup unik dengan karakter Toyota yang kuat.

Kami bangga memperoleh kesempatan untuk melakukan World Premiere All-New Yaris Cross yang merupakan puncak dari penelitian, pengembangan, dan inovasi selama bertahun-tahun dengan tujuan untuk menghadirkan ever-better cars yang sanggup memenuhi tuntutan pengemudi modern yang terus berkembang. Sebagai salah satu mobility company, Toyota selalu berusaha terdepan dalam inovasi dan menetapkan standar baru terkait safety, reliability, dan sustainability. Bagi masyarakat perkotaan yang dinamis dan berjiwa adventure, All-New Yaris Cross memberikan performa berkendara yang fun to drive, selaras dengan visi global Toyota dalam mencapai netralitas karbon dan menciptakan nilai-nilai baru dalam mendukung mobilitas masa depan pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Desain Khas Toyota, Interior Mirip Vios/Veloz

Oke, kita bahas aspek desain terlebih dahulu. Seperti yang saya singgung di atas, Toyota Yaris Cross memiliki desain yang nampak terinspirasi dari model Toyota lain. Namun, Toyota mengklaim bahwa desain mobil ini menganut konsep desain Solid & Dynamic. Hmmm, kok mirip bahasa desain Subaru yang namanya Dynamic X Solid ya? Mungkin hanya kebetulan. Yang jelas, Toyota menyatakan bahwa konsep ini membuat Toyota Yaris Cross bisa memaksimalkan kabin dengan ukuran yang kompak. Di bagian depan, Toyota Yaris Cross memiliki lampu sipit yang bentuknya mengingatkan kami pada Toyota Highlander.

Bahkan, grille dan bentuk foglamp-nya juga nampak terinspirasi dari SUV bongsor Toyota tersebut. Pindah ke samping, Toyota Yaris Cross memiliki fender mengotak dengan velg dual tine yang fitment-nya bagus. Masih ada side body moulding, roof rail, dan juga atap ala floating. Mirip dengan konsep Toyota Yaris Cross global. Sedangkan di bagian belakang, Toyota Yaris Cross memiliki lampu belakang yang menurut kami mirip dengan Toyota RAV4, termasuk desain lekukan di pintu belakangnya. Bagaimana dengan interiornya? Kami belum bisa masuk. Namun, Toyota berbaik hati dengan menyediakan foto resminya.

Kalau diperhatikan, interior Toyota Yaris Cross masih ada kemiripan dengan Toyota Veloz ataupun Toyota Vios. Seperti bentuk setirnya, kisi AC, dan kontroler AC-nya. Panel instrumen TFT 7 incinya juga kalian pasti familiar. namun, ada sejumlah perbedaan yang terlihat, seperti setir yang dominan warna hitam, dilapis kulit, dan penuh dengan tombol. Lalu ambien light yang memanjang di dashboard. Dan layar sistem infotainment model pop up yang terlihat besar. Dan terakhir, konsol tengah dengan bentuk driver oriented yang mengingatkan kami pada konsol tengah Honda HR-V. Oiya, kalau diperhatikan, dashboard-nya cukup tinggi ya.

Fitur Menggoda, Mesin Hybrid Baru!

“Mengusung tema Urban SUV Meets Adventure, All-New Yaris Cross berupaya menghadirkan rasa proudful bagi pemiliknya dengan mengambil pendekatan unik memadukan dua konsep youthful dan fun to drive, serta dipadukan dengan keandalan dan ketangguhan sebuah crossover. Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis,” kata Chief Engineer All-New Yaris Cross, Toru Uda.

Nah, untuk fitur, Toyota Yaris Cross menyematkan sejumlah fitur dan kelengkapan yang mungkin bisa menggiurkan banyak orang. Mulai dari jok elektrik, panoramic roof yang luas dengan power sunshade, serta electronic power tailgate dengan kick sensor. Mantap kan? Eits, tapi kita singgung juga mesinnya. Ada 2 opsi mesin untuk Toyota Yaris Cross yaitu mesin 1.500cc bensin dan 1.500cc Hybrid. Versi bensinnya menggunakan mesin 2NR-VE yang sudah familiar. Tenaganya 106 PS dan torsinya 138 Nm. Sedangkan versi hybrid ternyata menggunakan opsi mesin baru. Bukan mesin M15A-FXE ataupun mesin e-SMart Hybrid, melainkan mesin 1.500cc 2NR-VEX Hybrid.

Sesuai namanya, mesin ini menggunakan basis mesin 2NR-VE yang disulap jadi sistem parallel hybrid dengan keluaran tenaga mesin mencapai 91 PS dan torsi 121 Nm yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 80 PS dengan torsi 141 Nm. Yap, paralel hybrid bukan serial hybrid. Transmisinya CVT dan ada opsi EV Mode khas Toyota. Bagaimana dengan baterainya? Menggunakan model baterai lithium ion yang posisinya ada di bawah kursi baris kedua dan memanfaatkan pendinginan dari AC di ruang kabin mobil, mirip dengan Toyota Camry dan Toyota RAV4. Sayangnya, kita tak diberi informasi mengenai kapasitas baterainya.

Fitur Safety Kelas Wahid

Bagaimana dengan sistem keamanannya? Toyota Yaris Cross akan dibekali dengan fitur standar seperti Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Selain itu, ada juga panoramic view monitor alias kamera 360 derajat. Untuk tipe tertinggi, ada tambahan T-inTouch dan juga Toyota Safety Sense (TSS). Dengan spesifikasi ini, tentunya Toyota Yaris Cross punya kans untuk mengganggu pasar Honda HR-V.

Kuncinya ada di supply produk dan juga harga jualnya. Dan kita tunggu saja launching-nya di tanggal 15 Juni 2023 mendatang. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: