Lesu di Indonesia, Sienta Rajai Penjualan MPV di Jepang!

Lesu di Indonesia, Sienta Rajai Penjualan MPV di Jepang!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bulan Agustus 2019 kemarin pihak Toyota Astra Motor telah resmi memperkenalkan sosok Toyota Sienta Facelift. Nah, versi facelift tersebut memang dirasa perlu, apalagi jika kita melihat penjualan dari Toyota Sienta di Indonesia yang kurang menggembirakan. Lain di Indonesia, maka lain juga di Jepang, negeri asal dari Toyota Sienta. Di Negeri Matahari terbit ini Toyota Sienta bisa dikatakan laris manis. Bahkan, penjualannya di bulan lalu tergolong ciamik.

Toyota Sienta Facelift Indonesia

Mengutip informasi via BestCarWeb, Toyota Sienta di Jepang berhasil menjadi ‘raja’ di segmennya pada bulan Agustus silam dengan capaian penjualan mencapai 8.745 unit. Ingat, itu angka yang dicapai dalam waktu 1 bulan saja. Sebagai perbandingan, angka wholesales dari Toyota Sienta di Indonesia dalam 7 bulan pertama tahun ini hanya ada di angka 412 unit saja, yang mana merupakan total dari 7 varian yang dimiliki mobil ini. Bulan Juli silam saja hanya ada 33 unit Toyota Sienta yang dikirimkan ke diler di Indonesia. Capaian ini bak bumi dan langit tentunya.

Toyota Sienta Facelift Jepang

Toyota Sienta di Jepang sendiri mendapatkan facelift di pertengahan tahun 2018 silam. Dan versi Jepang sendiri berbeda secara bentuk jikalau dibandingkan dengan Toyota Sienta versi Indonesia. Penjualan dari Toyota Sienta di Jepang pada semester pertama tahun 2019 ini saja naik sebanyak 112,1% jikalau dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan per bulan di bulan Juli dan Agustus 2019 ini secara kasar naik 1,6 kali lipat dibandingkan bulan yang sama di 2018. Peningkatan penjualan dari Toyota Sienta sendiri sudah terjadi sejak mobil ini di-facelift tahun lalu.

Dengan kenaikan permintaan, akhirnya masa inden dari Toyota Sienta pun ikut meningkat menjadi 2 hingga 3 bulan lamanya. Mengacu pada sumber, sejatinya tidak ada faktor spesial yang membuat peningkatan pada penjualan Toyota Sienta disana. Namun, ketersediaan varian yang komplit mulai dari varian 5, 6, hingga 7 penumpang serta varian hybrid membuat mobil ini menawarkan varian yang komplit dan beragam. Nah, Toyota Sienta sendiri akan mendapatkan tantangan baru dari rival mereka di Jepang dalam waktu dekat. Seperti yang kita ketahui, Honda sedang menyiapkan peluncuran dari Honda Freed facelift dengan varian Crossover.

Jadi, apa tanggapan kalian? Kalau menurut kalian, kira – kira apa alasan Toyota Sienta bisa dicintai di Jepang, namun tidak di Indonesia? Terlepas keduanya tidak memiliki kursi Captain Seat.

Read Prev:
Read Next: