Walau Tak Sesuai Spesifikasi, Material Dari Kobe Steel Masih Dianggap Aman

by  in Berita&Honda&Hot Stuff
Walau Tak Sesuai Spesifikasi, Material Dari Kobe Steel Masih Dianggap Aman
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat perkara skandal yang dilakukan oleh pohak Kobe Steel, pemasok bahan metal yang juga digunakan oleh beberapa pabrikan otomotif yang menjual produknya tidak sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Karena skandal ini naik ke permukaan, banyak pihak yang kemudian mulai cemas terkait produk – produk yang dibeli dari pabrikan yang mendapatkan suplai dari Kobe Steel. Namun pihak pabrikan – pabrikan mobil menyampaikan sebuah pernyataan tentang hal ini.

Seperti yang kita tahu, ada beberapa pabrikan yang membeli bahan dari Kobe Steel, seperti Toyota, Honda, Nissan, dan Mazda. Keempat pabrikan ini menggunakan bahan Aluminum yang dibeli dari Kobe Steel dan digunakan untuk kap mesin dan beberapa bagian eksterior lainnya. Menurut pabrikan – pabrikan tersebut, bahan yang dibeli dari Kobe Steel memang tak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya, namun masih tetap aman menurut mereka. Apakah benar? Ya, kita percaya saja. Namun jika tidak, tentunya gelombang recall mobil sebanyak jutaan unit tentunya siap menanti.

Dikutip dari reuters, pihak Toyota yang juga menjadi salah satu pabrikan yang membeli bahan dari Kobe Steel sendiri mengakui bahwa bahan  – bahan dari Kobe Steel memang tak cocok dan diluar dari spesifikasi yang diminta, namun jika disandingkan dengan standar keamanan yang berlaku, bahan tersebut masih aman dan memenuhi standar tersebut. Bahkan pihak Toyota mengakui bahwa produk tersebut masih sesuai dengan standar  internal mereka terkait masalah kemanan dan durabilitas dari sebuah komponen mobil.

Selain keempat merk tersebut, merk lain yaitu Subaru masih melakukan proses investigasi terkait produk – produk mereka yang menggunakan bahan dari Kobe Steel. Setelah data terkumpul, pihak Subaru yang juga diikuti oleh Pihak Honda dan Toyota akan menempuh langkah hukum untuk meminta pertanggung jawaban dari pihak Kobe Steel. Kecurangan yang dilakukan oleh pihak Kobe Steel sendiri adalah terkait data kekuatan dan durabilitas dari beberapa bahan aluminum dan tembaga yang dijual oleh pihaknya.

Jadi, dengan pernyataan dari pabrikan  – pabrikan terdampak ini, setidaknya kalian bisa lebih tenang perkara kekuatan dan durabilitas dari komponen mobil kalian yang sekiranya menggunakan bahan dari Kobe Steel. Namun kasus ini masih belum selesai, dan investigasi masih berjalan. Kita monitor saja seperti apa kelanjutan dari masalah ini. Bagaimana menurut kalian kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: