Toyota Urban Cruiser : Ganti Grille, Lebih Terasa Toyota

Toyota Urban Cruiser : Ganti Grille, Lebih Terasa Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau Toyota dan Suzuki di India terlibat kerjasama dan saling me-rebadge satu sama lain. Setelah sebelumnya Toyota meminjam Suzuki Baleno untuk dijadikan Toyota Glanza (Tanpa Starlet), kini Toyota telah resmi meminjam Suzuki Vitara Brezza dari Maruti Suzuki untuk diubah menjadi Toyota Urban Cruiser. Dan hasilnya, nampak Toyota jauh lebih niat mengubah Toyota Urban Cruiser dari pada Toyota Glanza.

Kok bisa? Perhatikan saja bentuk grille dan bumper dari mobil ini, dan tentu kalian akan familiar dengan bentuknya. Yap, bentuk bumper dan grille-nya mengingatkan kami pada Toyota Fortuner, yang juga dijual di India. Jadi, kesan SUV tangguh ala Fortuner diturunkan Toyota ke mobil ini. Grille-nya menggunakan bilah horisontal berwarna hitam dengan ornamen silver di sisi kanan dan kiri. Bentuk bumpernya didominasi warna hitam dengan lampu kabut dan housing yang mirip milik Fortuner. Lampu utamanya memiliki LED DRL di sisi bawah dan 2 buah proyektor LED di setiap lampunya. Di sisi belakang, lampu LED dengan LED bar juga bisa ditemui.

Velg yang digunakan berukuran 16 inci dengan laburan warna dual tone, dan atapnya diberi warna hitam dengan roof rail silver. Hero color mobil ini berwarna biru yang berbeda dengan Toyota Raize di Jepang. Untuk interior, nampak tidak banyak ubahan pada Toyota Urban Cruiser dibandingkan kembarannya. Poin yang menjual dari Toyota Urban Cruiser ada di start stop button, auto AC, Cruise Control, spion elektrokromatik, dan HU dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Untuk dapur pacu, Toyota Urban Cruiser masih mengandalkan mesin K Series milik Suzuki. Lebih tepatnya adalah mesin K15B yang notabene sama dengan Mesin Suzuki Ertiga.

Sayangnya belum ada detail mengenai keluaran tenaga dan torsinya, namun kami rasa akan sama saja dengan mesin K15B lain yang memiliki tenaga 105 PS dan torsi 138 Nm. Nah, untuk transmisi, Toyota Urban Cruiser akan dibekali 2 opsi transmisi yaitu 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual. Yang menarik, Toyota Urban Cruiser tidak menggunakan mesin K15B biasa, melainkan mesin yang dipadukan dengan teknologi mild hybrid. Teknologi ini menggunakan integrated starter generator dan baterai lithium ion yang akan memberikan tambahan torsi, dan juga memiliki fungsi regenerative braking. Oiya, teknologi ini juga membuatnya memiliki fitur idle start stop.

Jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini?

Read Prev:
Read Next: