Toyota Vios 2016 Thailand Gendong Mesin Dual VVT-i Baru dan Transmisi CVT

Toyota Vios 2016 Thailand Gendong Mesin Dual VVT-i Baru dan Transmisi CVT
0  komentar
toyota vios facelift

AutonetMagz.com – Sedan kecil Toyota Vios belum lama ini memamerkan apa yang telah didapatnya sebagai menu penyegaran alias facelift. Untuk kali ini, kami cukup kaget dengan perkembangannya, karena di Thailand, Vios facelift meluncur dengan mesin baru yang menggunakan Dual VVT-i. Artinya, sama seperti Grand New Avanza dan Veloz yang majorfacelift tapi sudah dapat mesin baru. Tumben nih Toyota, ada apa ya?

Okelah, mungkin tampilannya tidak begitu berubah drastis, hanya ada LED DRL, aksen pemanis di bumper depan belakang dan pelek baru. Interiornya apalagi, tidak ada perubahan yang mencolok secara visual. Sepertinya Toyota Thailand lebih fokus dengan mesin dan transmisi, karena unit 1NZ-FE sudah resmi pensiun dari ruang mesin Vios. Sebagai gantinya, ada mesin 2NR-FBE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i, dipasangkan dengan transmisi CVT.

mesin toyota vios facelift

Sebenarnya ini mesin yang sama dengan Veloz baru, namun kode ‘B’ di antara huruf F dan E menunjukkan kalau mesin ini bisa meminum etanol E85, alias biofuel. Itu untuk Thailand, sementara untuk pasar luar Thailand, mungkin diberikan mesin 2NR-FE biasa yang tidak sanggup minum etanol (atau malah tetap 1NZ-FE?). Tenaga mesin ini masih 108 hp, tapi torsinya turun 1 Nm dari 141 Nm di 1NZ-FE menjadi 140 Nm di 2NR-FBE.

toyota vios facelift interior

Transmisi CVT-nya punya mode manual 7 percepatan dengan pengoperasian secara tiptronik. Toyota Thailand sekalian mengumumkan kalau Vios facelift hanya ada transmisi CVT saja, tidak ada transmisi manual 5 percepatan lagi. Fitur keselamatan juga sudah naik level, karena selain dual airbags, ABS dan EBD, kini Vios punya stability control sebagai standar. Wow, jarang-jarang nih ada di sedan kecil seperti Limo… eh, Vios. Kalau di sini, paling hanya City yang punya.

toyota vios facelift exclusive

Harga Vios facelift di Thailand naik pastinya, kini harganya mulai 599.000 Baht hingga 734.000 Baht, alias sekitar 220 juta Rupiah hingga 269,5 juta Rupiah. Akankah segera diperkenalkan di Indonesia? Diperkenalkan sepertinya pasti, tapi tidak akan dalam waktu cepat, soalnya Toyota Indonesia kan sedang repot dengan persiapan peluncuran Sienta yang sebentar lagi muncul. Bagaimana menurutmu soal facelift dari Toyota Vios ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: