Kawasaki Bikin Motor Hybrid Baru, Apakah Ninja Hybrid?

Kawasaki Bikin Motor Hybrid Baru, Apakah Ninja Hybrid?
0  komentar

AutonetMagz.com – Hampir semua pabrikan motor dan mobil yang kita tahu sekarang sudah membuka diri terhadap teknologi elektrifikasi. Kita sudah mendengar banyak mobil baru diperkenalkan dengan teknologi listrik murni atau hybrid, mulai dari mild hybrid sampai plug-in hybrid. Lihat saja mobil-mobil seperti Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks e-Power dan Nissan Leaf. Bagaimana dengan dunia roda dua?

Populasi motor sangat melimpah di Indonesia, jadi wajar jika pemain roda dua yang memperkenalkan teknologi elektrifikasi mulai muncul. Sebut saja Gesits, Smoot Tempur, Viar Q1 dan United T-1800, semua itu jenis-jenis motor listrik yang sudah diperkenalkan. Honda juga punya motor sejenis, misalnya Honda PCX hybrid dan Honda PCX electric, tapi kini Kawasaki unjuk gigi juga dengan memperkenalkan sebuah prototipe motor hybrid. Menarik nih…

Kombinasi Mesin Inline Twin dan Motor Listrik

Foto-foto motor hybrid yang dibeberkan oleh Kawasaki memperlihatkan beberapa detail soal teknologi elektrifkasi yang digendongnya. Mesin bakar yang ditampilkan kemungkinan besar merupakan mesin inline twin dari Kawasaki Ninja 400, dikawinkan dengan 1 motor listrik yang duduk manis di atas girboksnya. Motor ini memakai baterai 48V untuk motor listriknya, namun tetap ada aki 12V biasa untuk menjalankan fitur-fitur elektronik lainnya di motor.

Motor listrik yang terpasang di prototipe Kawasaki hybrid ini juga mendapat pendinginan dengan cairan alias liquid-cooled. Motor hybrid Kawasaki akan dikembangkan supaya bisa bekerja seperti sistem hybrid yang sudah kita kenal lebih dulu, misalnya menjalankan motor dengan tenaga listrik saja yang bakal sangat membantu di lalu lintas padat. Selain itu, motor tersebut juga bisa memberikan efek regenerative braking dan mengisi daya baterai dengan energi pengereman.

Tidak Perlu Dicolok ke Listrik PLN

Kawasaki nampaknya tak punya indikasi untuk menjadikan motor ini sebagai motor plug-in hybrid, jadi tidak perlu dicolok ke stop kontak dan memakan listrik PLN. Oh ya, selain untuk efisiensi, sistem hybrid Kawasaki juga bertujuan membantu akselerasi dan performa. Kita tahu kalau motor listrik punya tarikan super instan, jadi akan sangat membantu pengendara motor kala butuh torsi besar dalam waktu cepat karena motor listriknya bekerja sama dengan mesin bakar.

Sistem hybrid Kawasaki ini akan dijodohkan dengan transmisi automated yang sudah dipatenkan Kawasaki awal tahun ini. Rencana Kawasaki ke depannya adalah memiliki 10 model motor yang sudah terelektrifikasi di tahun 2025. Nah, di tahun 2035 nanti, Kawasaki ingin seluruh motornya berteknologi hybrid atau sekalian murni tenaga listrik. Apa opinimu jika nantinya ada Kawasaki Ninja Hybrid? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: